Museum OHD di Magelang Daya Tarik yang Menjadi Museum Terlengkap di Dunia!

Museum OHD di Magelang Daya Tarik yang Menjadi Museum Terlengkap di Dunia!

Museum OHD di Magelang, Masuk dalam Museum Terlengkap di Dunia!-Faola Arina-Galeri Pribadi

MAGELANGEKSPRES -- Museum OHD magelang, begitu panggilan singkatnya pada museum yang asalnya dimiliki oleh Oei Hong Djien, sebagai museum pribadi miliknya.

Dia merupakan salah satu kolektor karya-karya seni rupa yang beliau kumpulkan terhitung sudah 30 tahun lamanya.

Hingga kini telah memiliki koleksi lebih dari 2.000 karya seni yang berasal dari karya anak bangsa berupa lukisan-lukisan, beberapa pahatan, seni instalasi, patung-patung hingga new media art.

Karya seni ini banyak yang dibuat oleh para seniman-seniman terkenal Indonesia diantaranya seperti Affandi, Hendra Gunawan, S.Sudjojono, Widayat dan Soedibio.

Namun selain karya dari seniman besar yang dipajang di Museum OHD ini tapi juga banyak dari para seniman-seniman baru yang juga dapat menuangkan kreativitasnya disini.

Museum ini berlokasi di Jl. Jenggolo No. 14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

Buat kamu yang ingin mengunjungi serta menikmati berbagai keindahan seni rupa yang dibuat oleh para seniman-seniman besar maupun seniman-seniman yang baru pada masa kini.

BACA JUGA:Keindahan Banda Neira yang Bikin Nggak Mau Pulang!

Kisahnya, Oi Hong Djien merupakan pendiri sekaligus pemilik dari Museum OHD ini yang lahir di Magelang pada tahun 1939.

OHD sendiri merupak singkatan dari nama sang pemilik serta pendiri museum ini pertama kali, pada tahun 1964 silam.

OHD lulus sebagai dokter medis yang kemudian melanjutkan spesialisasi lebih lanjut ke negeri kincir angin yaitu Belanda pada tahun 1966 hingga 1968.

Ia merupakan pewaris dari perusahaan tembakau dan juga menjadi pakar tembakau yang bermitra di bidang bisnis dengan PT Djarum.

Setelah lulus spesialisasi di negeri kincir angin OHD gemar membeli lukisan-lukisan serta karya-karya seni rupa yang terdiri atas seni rupa modern maupun seni rupa kontemporer.

OHD seringkali meminjamkan sebagian koleksinya untuk dipamerkan baik di dalam hingga keluar negeri.

Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1997 selesai pada bangunan pertama, kemudian dilanjut pada 2006 dengan bangunan kedua kemudian yang ketiga dibuka pada 5 April 2012.

BACA JUGA:Benteng Duurstede Maluku: Wisata Benteng Duurstede Terbalut Sejarah yang Unik!

Museum ini terbagi menjadi 2 kategori yakni Museum OHD 1 berisi kumpulan karya-karya seniman pada zaman sebelum dan di saat kemerdekaan.

Lalu Museum OHD 2 sebagai tempat yang berisi seni rupa modern dan kontemporer.


Museum OHD di Magelang, Masuk dalam Museum Terlengkap di Dunia!-Faola Arina-Galeri Pribadi

Banyak sekali lukisan-lukisan yang dapat kamu lihat disini, tingginya pun beragam mulai dari yang paling kecil hingga lukisan setinggi 2 meter dengan lebar 2 meter pula.

Bahkan ada juga lukisan raksasa yang lebarnya hampir mencapai 6 meter, sungguh menarik bukan?

Di museum pertama rupanya berlokasi yang berdampingan langsung dengan sang pemilik museum itu sendiri.

Dalam Museum pertama ini berkonsep museum rumahan yang memunculkan efek kehangatan dan kenyamanan didalamnya.

Museum pertama ini berisi kurang lebih 120 karya yang khusus dibuat oleh 5 seniman saja yaitu karya Affandi, Hendra Gunawan, Widayat, Soedibio dan S. Sudjojono.

Sementara di museum kedua yang bersebelahan dengan museum pertama memiliki konsep dengan pola yang terbilang cukup minimalis dan karya yang dipajang lebih ringan.

Hal ini berbeda dengan konsep New Museum OHD sebelumnya yang dibuat dengan konsep yang benar-benar modern.

BACA JUGA:Museum Kretek Kudus: Menjadi Salah Satu Latar Film Gadis Kretek Yang Menarik Dikunjungi!

Karya yang dibuat di museum ini tidak hanya karya yang dibuat semata-mata hanya menggunakan bahan baku bar.

Tetapi beberapa karya Senin disini juga menggunakan bahan bekas yang menjadi sebuah konsep menarik untuk sebuah  ketertarikan tersendiri yang memiliki makna daur ulang.

Museum ini sempat mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tanggal 23 April tahun 2012 dengan kategori Gudang Tembakau.

Bahkan, museum dengan koleksi Lukisan Indonesia Terlengkap Mewakili Setiap Periode menilik karya yang dikoleksi dari zaman sebelum, saat kemerdekaan dan zaman sekarang.

Museum OHD ini dibuat dengan alasan ingin mengenalkan karya seni rupa Indonesia yang sangat luar biasa menarik keindahannya pada masyarakat Indonesia juga pada seluruh dunia.

OHD juga ingin museum ini digunakan sebagai pusat pembelajaran bagi generasi ke generasi agar masyarakat dapat memahami serta mengetahui karya Senin Indonesia.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, museum ini memasang tarif Rp. 100,000.00 untuk orang dewasa dan Rp. 50,000.00 untuk pelajar.

Sedangkan untuk wisatawan domestik dipasang harga Rp. 50,000.00 saja untuk tarif orang dewasa dan Rp. 25,000.00 untuk pelajar.

Itulah penjelasan lengkap terkait Museum OHD Magelang yang merupakan salah satu museum terlengkap di dunia, gimana, sungguh menarik bukan?

Ternyata Indonesia juga punya museum yang tak kalah lengkap dengan museum mancanegara lainnya, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: