Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Destinasi Wisata Penggambaran Kebudayaan yang Hits di Kalangan Anak Muda!

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Destinasi Wisata Penggambaran Kebudayaan yang Hits di Kalangan Anak Muda!

Museum Sonobudoyo Jogyakarta, Destinasi Wisata Penggambaran Kebudayaan yang Hits di Kalangan Anak Muda-galeri pribadi-Nurul Muna S

MAGELANGEKSPRES -- Tidak ada habis-habisnya destinasi wisata unik yang ada di Indonesia apalagi destinasi wisata yang terletak di Yogyakarta satu ini, yang mengenalkan penggambaran budaya di pulau Jawa, Bali, Madura hingga Lombok.

Museum Sonobudoyo merupakan salah satu Museum hits yang ada di daerah Yogyakarta yang memiliki dua unit Museum yang memamerkan berbagai macam keberagaman budaya di empat pulau ternama.

Museum unit I berada di Jalan Trikora No.6 Yogyakarta sedangkan untuk museum unit ll berada di Ndalem Condrokiranan, Wijilan, tepatnya disebelah Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIIl pada hari Rabu Wage tanggal 9 Ruah pada tahun 1866 yang ditandai dengan relief candrasengkala, relief seorang Brahmana yang duduk sila sambil memegang kayu.

BACA JUGA:Asal Usul Dawet Ayu Banjarnegara, Ternyata Inilah Alasan Disebut Ayu

Museum ini secara umum terbagi menjadi dua kata yaitu Sono yang berarti 'tempat' dan kata Budoyo yang memiliki arti 'Budaya' yang jika digabungkan Museum Sonobudoyo ini berartikan tempat untuk melestarikan kebudayaan.

Tak heran gaya arsitektur dari bangunan museum memiliki pesona keindahan berupa bangunan khas Jawa.


Museum Sonobudoyo Jogyakarta, Destinasi Wisata Penggambaran Kebudayaan yang Hits di Kalangan Anak Muda-MAGELANG EKSPRES-Nurul Muna S

Museum Sonobudoyo saat ini dikelola penuh oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogjakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah atau UPTD juga Dinas Kebudayaan.

Di museum ini dititikberatkan pada mengoleksi, mengelola, bimbingan edukatif, mendokumentasikan serta mempublikasikan benda-benda koleksi museum yang memiliki nilai-nilai budaya.

Total dari keseluruhan koleksi dari museum ini sebanyak 63.000.

BACA JUGA:Nasi Kapau Minangkabau, Masakan dengan Citarasa Autentik Setelah Nasi Padang yang Wajib Kamu Coba!

Nah buat kamu yang penasaran apa aja ya kira-kira koleksi dari Museum Sonobudoyo ini, yuk simak bagian koleksi museum yang terbagi menjadi 10 bagian ini!

1. Koleksi Numismatik dan Heraldika, merupakan koleksi berupa berbagai jenis mata uang dan setiap tanda jasa atau lambang dan pangkat resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: