Cara Temanggung Memperingati Hari Kopi Sedunia, Seribu Cup Kopi Dibagikan Gratis

Cara Temanggung Memperingati Hari Kopi Sedunia, Seribu Cup Kopi Dibagikan Gratis

SEDUH. Sejumlah barista sedang menyeduh kopi untuk dibagikan gratis kepada masyarakat.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Hari kopi sedunia yang diperingati 1 Oktober ini, menjadi momen bagi Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk menyatukan pelaku kopi di daerah penghasil tembakau ini, meskipun selama ini pelaku kopi di Temanggung sudah mempunyai wadah.

Pada peringatan hari kopi sedunia ini juga digelar sejumlah kegiatan diantaranya membagikan 1.000 cup minuman kopi kepada warga secara gratis.

"Selain menyatukan komunitas kopi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong dan mengenalkan produk kopi asli Temanggung ke pangsa pasar nasional hingga Internasional,"kata Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Sumber daya Alam dan Infrastruktur Bapedda Adi Wibowo saat di temui dalam kegiatan Silahturahmi Kopi di Pendopo Pengayom kota Temanggung, minggu 1 September 2023.

BACA JUGA:Pencuri Tembakau di Temanggung Nyaris Diamuk Massa

Kegiatan yang Bertajuk "Silaturahmi Kopi Temanggung" kegiatan ini sebagai ajang menyatukan kualitas kopi terbaik para penggiat kopi dalam peningkatan mutu, nilai jual, daya saing dan Branding kopi.

Selain sejumlah OPD terkait, dalam kegiatan ini juga dihadiri sejumlah perwakilan penggiat kopi seperti, cluster kopi, Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Arabika dan Robusta.

"Kumpul kopi atau Sarasehan ini dilakukan karena kopi yang selama ini menjadi komoditas unggulan di Temanggung itu sudah berkembang, tetapi masih bermain sendiri-sendiri dan berkomunitas. Jadi dari Pemkab Temanggung ingin menyatukan semua komunitas kopi yang ada. Jadi kita satu suara mau dibawa kemana kopi temanggung, jadi mau main premium atau main di grade yang macam-macam. Dalam peringati hari kopi Internasional ini juga membagikan 1.000 cup minuman kopi,"katanya.

Dalam diskusi ini diharapkan dapat  menghasilkan sejumlah gagasan ide terbaik dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi khususnya para penggiat kopi.

BACA JUGA:Kopi Asli Temanggung Kualitasnya Terbaik, Bupati: Jangan Dicampur dengan Produk Daerah Lain

"Mereka bersama-sama membangun kembali kopi Temanggung yang selama ini sudah dikenal diluar tetapi belum ada ruhnya membangun kopi di temanggung. Secara keseluruhan bukan hanya pelaku ekonomi kopi tetapi juga menjadi penggerak ekonomi kopi," Tambahnya.

Selain mendorong produk kopi, pemerintah kabupaten Temanggung juga terus fokus mendongkrak sektor pariwisata.

Salah satunya dengan cara mempromosikan tempat wisata melalui kemasan kopi yang diberi barcode, dimana barcode tersebut berisi tempat-tempat wisata yang ada di temanggung.

BACA JUGA:Hebat! Harga Jual Kopi Robusta Temanggung Tahun Ini Jadi yang Terbaik Sepanjang Sejarah

"Kita juga telah memancing teman-teman kopi bagaimana caranya kopi itu menjadi komoditas yang bisa menarik wisata, dan contoh kecilnya adalah kemasan kopi menjadi media promosi pariwisata," Kata Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres