3 Hukum Tawassul yang Dilarang, Yang Paling Berat Bisa Mengeluarkan Orang dari Islam

3 Hukum Tawassul yang Dilarang, Yang Paling Berat Bisa Mengeluarkan Orang dari Islam

3 Hukum Tawassul yang Dilarang, Yang Paling Berat Bisa Mengeluarkan Orang dari Islam--

MAGELANG EKSPRES -Tawassul dengan mengambil jalan atau sarana yang dapat mengantarkan kepada keridhaan Allah Subhanahu wa Ta'ala dan surga-Nya memang disyariatkan dalam Islam.

Asalkan dengan tawassul yang disyariatkan yakni mengacu pada Al Qur'an dan As Sunnah. Namun yang terjadi saat ini, ada sebagian masyarakat yang tawassul dengan cara yang dilarang syariat.

Hukum tawassul yang dilarang ada 3 yakni syirik besar yang bisa mengeluarkan seseorang dari Islam, syirik kecil dan bid'ah.

BACA JUGA:Macam Tawassul dan Contoh Tawassul yang Dibolehkan dalam Islam

Dalam kajian Madeenah (Madrasah Diniyyah) kali ini, Ustadz Muhammad Wasitho  membahas tentang tawassul yang dilarang dalam Islam. Yang dimaksud dengan tawassul yang dilarang adalah bertawassul kepada Allah dengan hal-hal yang tidak dijelaskan atau tidak ditetapkan dalam syariat bahwa ia sebagai wasilah.

Tawassul yang Dilarang dalam Islam

Ada beberapa macam tawassul dan sebagian lebih berbahaya daripada sebagian yang lain. Di antara macam-macam tawassul yang dilarang dalam Islam :

1. Bertawassul kepada Allah dengan berdoa kepada orang-orang mati dan makhluk ghaib seperti jin dan malaikat. Selain itu juga meminta pertolongan kepada mereka dan memohon segala hajat pada orang yang mati dan makhluk ghaib.

Juga memohon kepada mereka untuk menghilangkan segala kesulitan. "Dan hukum Tawassul semacam ini adalah syirik akbar (syirik besar) dan dosa besar yang paling besar karena dapat menyebabkan pelakunya keluar dari agama Islam," jelasnya.

Apa hukum tawassul yang dilarang? Hukumnya adalah syirik akbar (syirik besar) dan dosa besar yang paling besar yang menyebabkan pelakunya keluar dari agama Islam, membatalkan semua pahala, amal ibadah. Dan jika ia mati dalam keadaan belum bertaubat dari perbuatan tersebut, maka ia akan menjadi penghuni neraka yang kekal abadi.

BACA JUGA:Tanda-tanda Keluarnya Dajjal dan Keberadaan Dajjal Saat ini

Di antara contoh Tawassul terlarang yang termasuk hukumnya syirik akbar adalah seorang muslim berdoa dengan mengatakan,"Ya syaikh Abdul Qadir Jaelani, mohonlah kepada Allah untuk kami."

"Ya Rasulullah, berdoalah kepada Allah agar kami hidup bahagia, disembuhkan dari segala penyakit, dilapangkan rezeki dan dimasukan ke dalam Surga."

"Padahal Rasul sudah meninggal dunia, ini adalah contoh tawassul terlarang yang hukumnya syirik akbar," terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: