Kekeringan, Dusun Babadan Sawangan Disuplai 7.400 Liter Air Bersih

Kekeringan, Dusun Babadan Sawangan Disuplai 7.400 Liter Air Bersih

AIR BERSIH. Petugas Polsek Sawangan bersama MDMC Unimma mendistribusikan air bersih ke Dusun Babadan di Kecamatan Sawangan, Magelang.-Foto: Heni agusningtiyas/magelang ekspres-magelangekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Akibat kemarau panjang, sumber mata air yang biasanya diandalkan oleh warga di Kecamatan Sawangan Kabupaten MAGELANG untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mengalami penurunan debit.

Bantuan distribusi air bersih menjadi hal yang sangat diperlukan oleh masyarakat.

Dalam upaya membantu warga terdampak kekeringan, Polsek Sawangan bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Unimma melakukan bakti sosial.

BACA JUGA:KPU Bantu Air Bersih di 11 Kecamatan di Temanggung

Bakti sosial dilakukan dengan mendistribusikan ribuan liter air bersih kepada masyarakat di Dusun Babadan, Desa Jati, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Rabu, 11 Oktober 2023.

Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, melalui Kapolsek Sawangan Iptu Glenter Pitoyo menyampaikan kegiatan pendistribusian air ini dilakukan sebagai bentuk respons kepolisian dan lembaga penanggulangan bencana.

Yaitu terkait kesulitan warga dalam memperoleh air bersih akibat kemarau panjang.

Dalam kegiatan bakti sosial ini sebanyak 6 unit mobil dinas dikerahkan untuk mengangkut 7.400 liter air bersih untuk masyarakat terdampak kemarau.

BACA JUGA:Kesulitan Air, Warga Dusun Tepu Dlimas Tegalrejo Mendapatkan Bantuan Air Bersih

“Berangkat dari inisiatif mahasiswa Unimma yang tergabung dalam MDMC Kabupaten Magelang, sebagai upaya tindak lanjut, kami melakukan koordinasi dengan OPRB Desa Sawangan, UPD Desa Jati, LPBD Desa Jati dan BPBD Desa Jati. Koordinasi ini dilakukan untuk memetakan wilayah yang membutuhkan distribusi air bersih,” jelasnya.

Kepala Dusun Babadan, Ngatimin, memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada pihak Polsek Sawangan, MDMC Kabupaten Magelang, dan LPBD Desa Jati yang telah memberikan distribusi air bersih untuk warga Dusun Babadan. Dalam dua pekan terakhir ini warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

“Besar harapan kami bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi warga Desa Jati terlebih kepada warga di Dusun Babadan. Kami ucapkan terima kasih. Semoga dengan adanya kegiatan ini ke depannya dapat semakin meningkatkan kinerja dan kerja sama antara kepolisian dengan warga masyarakat,” ungkap Ngatimin.

BACA JUGA:PDAM Kota Magelang Salurkan Bantuan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan

Rencananya kegiatan pendistribusian air akan terus dilakukan dengan memantau perkembangan wilayah dan ketersediaan air bersihnya. Sehingga nantinya jika ditemukan daerah yang mengalami kesulitan air, bantuan air bersih akan segera dikirimkan. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: