Benarkah Gunung Tidar Adalah Titik Tengahnya Pulau Jawa? Faktanya Ternyata Begini!

Benarkah Gunung Tidar Adalah Titik Tengahnya Pulau Jawa? Faktanya Ternyata Begini!

Gunung Tidar Pakuning Tanah Jawa-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

Titik tengah Pulau Jawa tidak berada di Magelang atau Gunung Tidar.

Pengguna video tersebut menyatakan bahwa berdasarkan pengukuran aplikasi khusus, titik tengah Pulau Jawa terletak di kawasan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung.

Narasi dalam video tersebut menyatakan bahwa Gunung Sindoro adalah letak titik tengah Pulau Jawa.

Unggahan video tersebut mendapat respons dari netizen.

Warganet berpendapat bahwa pada zaman dulu tidak ada teknologi khusus yang dapat menentukan titik tengah Pulau Jawa, sehingga penempatan Magelang sebagai titik tengah Pulau Jawa hanya bersifat perkiraan.

BACA JUGA:Tuga Sa di Gunung Tidar Bukan Pakuning Tanah Jawa. Pemerhati Sejarah Magelang Mengungkap Alasannya….

Akun TikTok @sydneyyy menyatakan bahwa di Magelang, tepatnya di Gunung Tidar, terdapat monumen titik tengah Pulau Jawa yang mungkin hanya bersifat simbolis karena pada zaman dulu tidak ada teknologi yang memadai.

Budayawan Magelang, Agung Nugroho atau Agung Begawan Prabu, menyatakan bahwa tidak ada masalah mengenai penempatan titik tengah Pulau Jawa karena letak titik tengah pulau berbeda dengan simbol Pakuning Tanah Jawa.

Ia menambahkan bahwa meskipun secara geografis sedikit melenceng, status Pakuning Tanah Jawa tetap berada di Gunung Tidar berdasarkan fakta dan sejarah yang ada.

Hal tersebut terbukti melalui beberapa prasasti dan monumen yang terdapat di Gunung Tidar. Secara keseluruhan, bukti-bukti tersebut menunjukkan bahwa Gunung Tidar merupakan Pakuning Tanah Jawa.

Simbol Pakuning Tanah Jawa tidak harus berada di pusat atau titik paling tengah pulau Jawa.

Apalagi, pada masa lalu, terdapat pandangan bahwa Jawa dan Bali merupakan satu kesatuan. Oleh karena itu, jika titik tengah Jawa-Bali ditarik, maka akan jatuh pada Gunung Tidar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres