Benarkah Gunung Tidar Adalah Titik Tengahnya Pulau Jawa? Faktanya Ternyata Begini!

Benarkah Gunung Tidar Adalah Titik Tengahnya Pulau Jawa? Faktanya Ternyata Begini!

Gunung Tidar Pakuning Tanah Jawa-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

Oleh karena itu, ada seseorang tokoh yang sakti turun untuk menancapkan paku di tengah-tengah pulau Jawa dan terbentuklah Gunung Tidar.

Meskipun demikian, letak geografis Gunung Tidar yang berada di tengah-tengah Pulau Jawa mungkin saja merupakan kebetulan. 

Selain itu, terdapat versi lain dari mitos Gunung Tidar yang mengisahkan tentang keberadaan kerajaan gaib di dalam hutan lebat Gunung Tidar.

BACA JUGA:Cuma Rp3 Ribu Kamu Bisa Lakukan 10 Kegiatan Mengasyikan di Gunung Tidar

Penguasa jin sakti Gunung Tidar berhasil ditaklukkan oleh Syekh Subakir, seorang alim ulama dari Turki yang datang untuk menyebarkan agama Islam di Jawa.

Tidak menerima kedatangan mereka, penguasa Gunung Tidar dan pasukannya melancarkan perlawanan dan akhirnya dikalahkan oleh Syekh Subakir.

Sebelum melarikan diri, Kiai Semar telah bersumpah untuk kembali ke Gunung Tidar, kecuali jika penduduk setempat bersedia menjadi pengikut Syekh Subakir.

Kisah kepahlawanan Syekh Subakir masih diceritakan secara turun temurun hingga saat ini.

Memang keberadaan mitos Pakuning Tanah Jawa sulit untuk dibuktikan secara pasti.

Semua tergantung pada kepercayaan individu masing-masing.

Namun, fakta tak terbantahkan jika Gunung Tidar terletak di tengah Pulau Jawa. Selain itu, terdapat makam dan tempat suci yang diyakini sebagai milik Syekh Subakir dan Kiai Semar.

Dilansir dari Magelang Ekspres pernah terjadi perdebatan tentang lokasi tepat titik tengah Pulau Jawa bukan di Gunung Tidar Kota Magelang, tapi di sebuah desa di Wonosobo.

Hal itu langsung dibantah sejumlah budayawan di Magelang. Sebab, simbol Pakuning Tanah Jawa sampai sekarang masih melekat di Gunung Tidar di Kota Magelang.

Perdebatan itu terjadi saat akun TikTok @mahasiswageografi memposting video berjudul “Titik Tengah Pulau Jawa”.

BACA JUGA:Banyak yang Mengira Kyai Sepanjang di Gunung Tidar Magelang Itu Adalah Tokoh, Ternyata Inilah Sosoknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres