Polresta Magelang Gelar Binluh di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan: Salahgunakan Narkoba Terima Risiko

Polresta Magelang Gelar Binluh di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan: Salahgunakan Narkoba Terima Risiko

BINLUH. Sebanyak 100 siswa SMK Muhammadiyah Mertoyudan mendapatkan materi kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, Kamis, 12 Oktober 2023.-istimewa-magelangekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Kepolisian memiliki peran penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan generasi muda.

Juga menghindarkan mereka dari kenakalan remaja yang berisiko terhadap masa depan mereka.

Salah satu upaya yang dilakukan kepolisian dalam hal ini melalui pembinaan dan penyuluhan (binluh) kepada para pelajar di wilayah hukumnya secara intensif.

Seperti dilakukan oleh personel Polresta Magelang Polda Jawa Tengah kepada pelajar di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan, Kamis, 11 Oktober 2023.

Polresta Magelang menghadirkan pembicara dari Kanit PPA Satreskrim Polresta Magelang Iptu Zubaedah, Kanit Bintibsos Satbinmas Polresta Magelang Iptu Anjar Prahasto, KBO Satres Narkoba Polresta Magelang Ipda Adhe Purwanto.

BACA JUGA:Pemkab Magelang Optimis Raih Target Penurunan Angka Stunting

Acara diikuti kepala sekolah, dewan guru, dan peserta 100 siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Kasat Narkoba Polresta Magelang Kompol Willy Budiyanto, menyampaikan tujuan binluh kepada para pelajar. Dijelaskan, binluh ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa dan guru tentang peran aktifnya dalam mencegah penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja. Baik dilakukan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

“Edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum sejak dini di kalangan pelajar. Sekaligus untuk meminimalkan potensi aksi kenalan remaja dan penyalahgunaan narkoba oleh pelajar. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal terjalinnya kerja sama antara sekolah dan kepolisian dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, sehat, dan mendukung perkembangan positif pelajar,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, ketiga personel Polresta Magelang sebagai narasumber menyampaikan beberapa materi. Iptu Zubaedah memaparkan materi mengenai “Sistem Peradilan Anak dan Kenakalan Remaja”.

BACA JUGA:5 Pelayanan Puskesmas Terburuk di Magelang Versi Rating dan Ulasan Google, Cek Daerahmu!

Materi “Pencegahan Terjadinya Kenakalan Remaja” disampaikan oleh Iptu Anjar Prahasto, dan dilanjutkan oleh Ipda Adhe Purwanto yang menjelaskan materi seputar “Bahaya Narkoba dan Resiko Hukumnya”.

“Saat penyuluhan berlangsung kami mengimbau kepada guru dan peserta didik tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang dapat berdampak buruk bagi gangguan kesehatan. Bahkan berujung pada kematian, merugikan diri sendiri dan orang terdekat, serta konsekuensi tindakan hukum yang menanti,” pungkas Ipda Ade Purwanto.

Sementara Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan, Eko Yuantoro, SP menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan pembinaan dan penyuluhan oleh Polresta Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: