Dosen Untidar Latih Pembukuan Sederhana Bagi Pengelola Glamour Camping Terasering Menoreh

Dosen Untidar Latih Pembukuan Sederhana Bagi Pengelola Glamour Camping Terasering Menoreh

AKUNTANSI. Tim Pengabdian Sedang Menyajikan Materi Mengenai Akuntansi untuk Bisnis.-istimewa-magelangekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES – Dosen Universitas Tidar (Untidar) melakukan pengabdian, baru-baru ini. Salah satu bentuknya, bermitra dengan stakeholder Glamour Camping Terasering Menoreh, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Mereka terdiri dari para investor desa wisata, masyarakat Desa Ngargogondo, Kepala Desa Ngargogondo, pengelola dan pemegang pembukuan desa wisata, pengurus Pokdaswis Desa Ngargodondo serta beberapa mahasiswa.

Tim pengabdi dosen dari Untidar tersebut diketuai Dra Lucia Rita Indrawati, M.Si dan beranggotakan Retnosari, S.Pd., M.Si serta Ikhwan Taufik, S.Pd., M.Eng.

BACA JUGA:Kedua Kalinya, Untidar Magelang Raih Penghargaan ‘Perguruan Tinggi Terbaik’ JDIHN

Kegiatan dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah pengenalan akuntansi secara umum dan pelatihan pembukuan sederhana. Tahap kedua monitoring dan evaluasi pembukuan.

“Pengabdian ini adalah untuk membantu Desa Ngargogondo menjadi desa wisata yang akuntabel. Pengabdian ini berawal dari munculnya permasalahan yang ada di mitra. Yakni, masih belum maksimalnya pembukuan atau pencatatan keuangan yang selama ini dilakukan,” kata Dra Lucia Rita Indrawati.

Dari permasalahan yang dihadapi mitra, tim pengabdian melalukan beberapa kegiatan sebagai solusi atas hal tersebut. Pelatihan diberikan kepada stakeholder Glamour Clamping Terasering Menoreh. Kegiatan pertama dilakukan, penyajian materi mengenai Akuntansi untuk bisnis.

“Tim pengabdian menyampaikan materi akuntansi secara umum yang dapat digunakan dalam pencatatan aktivitas bisnis,” tandasnya.

BACA JUGA:Tiga Dosen Untidar Magelang Hadiri Summer School of Russian and Russian Culture, di Rusia

Kegiatan kedua adalah praktik langsung pembukuan ataupun pencatatan arus kas masuk dan arus kas keluar serta pembuatan laporan keuangannya.

Tim pengabdian mempraktikkan langsung terkait proses pembukuan aktivitas bisnis wisata Glamour Camping Terasering Menoreh yang dimulai data keuangan menjadi sebuah laporan keuangan.

“Dalam hal praktik pembukuan, tim pengbdian membuatkan worksheet pembukuan sederhana yang merupakan media mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran yang dapat diterapkan di keuangan desa wisata Glamour Camping Terasering Menoreh,” tambah Retnosari.

Setelah adanya pelatihan pembukuan, tim pengabdian melakukan monitoring dan evaluasi terhadap worksheet yang telah dibagikan sebagai media pencatatan.

BACA JUGA:Tim Dosen Untidar Bekali Para Guru tentang Metode dan Penulisan Artikel Ilmiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres