Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Wisata Air dengan Batuan Karst yang Banyak Permainannya

Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Wisata Air dengan Batuan Karst yang Banyak Permainannya

Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Wisata Air dengan Batuan Karst yang Banyak Permainannya-wisata Jogja21/Siti Zaenab-Tangkapan layar Google maps

MAGELANGESKPRES -- Gunung Kidul memang patut diacungi jempol. Pasalnya, banyak keindahan wisata alam yang tak habis-habis kalau diceritakan. Satu tempat di Gunung Kidul yang wajib kamu tahu adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk menjadi destinasi favorit wisatawan terutama di akhir pekan. Tentunya, air terjun ini menyuguhkan keindahan yang dapat menghipnotis mata siapapun yang mengunjunginya.

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kalau dari Kota Yogyakarta, jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh yaitu sekitar 1,5 jam.

Terletak di tepi Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk mengalir deras dari ketinggian 50 meter. Aliran airnya berasal dari tiga sumber mata air, yaitu Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul.

BACA JUGA:Daya Tarik Watu Nganten Sawangan Magelang: Sicantik yang Punya Pesona Air Terjun dan View Gunung Merapi

Menariknya, air terjun ini berada di tebing batuan karst yang mana mengelilingi kolam alami yang terbentuk dari derasnya air terjun.

Adanya batuan ini menambah keestetikan wisata Gunung Kidul yang satu ini. Kamu pun banyak mengabadikan momen di sini.

Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu destinasi favorit Gunung Kidul selain pesona pantainya.

Kamu akan menemui pemandangan indah serta nuansa yang unik dan tak biasa di air terjun ini.

Nuansanya lebih tenang, tidak terdengar suara gemuruh air yang jatuh dari atas. Hal ini disebabkan karena Air Terjun Sri Gethuk antaran memiliki struktur bebatuan berliku.

Tak hanya itu, sungai yang dialiri air terjun ini sangat bersih dan jernih. Airnya pun berwarna kehijauan. Pada saat tertentu pun, pelangi bisa muncul dengan sendirinya di area air terjun.

Selain itu, di objek wisata ini, wisatawan juga akan disuguhkan banyak pepohonan yang rindang serta sawah yang membentang luas yang tampak sejuk dipandang.

Naik Perahu atau Tracking untuk Mencapai Air Terjun 

Untuk sampai di objek wisata ini, kamu bisa memilih di antara dua cara ini, yaitu tracking atau naik perahu.
Pengelola menyediakan perahu yang dapat disewa oleh pengunjung.

Banyak pengunjung yang memilih untuk naik perahu dengan harga Rp10. 000 saja per orang, karena pengunjung bisa menuju air terjun sambil menyusuri keindahan Sungai Oyo tanpa harus merasa lelah berjalan kaki.

BACA JUGA:5 Aktivitas Seru di Air Terjun Kembang Soka, Hidden Paradise Cantik di Yogyakarta

Untuk pengunjung yang memilih berjalan kaki melewati jalur tracking, pengunjung akan menempuh jarak sekitar 450 meter.

Melalui jalur ini, pengunjung akan melihat sungai-sungai kecil, perbukitan, beserta view kerennya bak menjelajahi alam, sehingga, perjalanan akan lebih menyenangkan.

Aktivitas Seru di Air Terjun Sri Gethuk

Kamu dapat mengunjungi air terjun ini kapan saja, karena air terjun ini disinyalir tidak pernah kering dan tidak mengenal musim sekalipun pada musim kemarau. Debit air terjunnya tetap sama.

Di Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung dapat melakukan banyak hal, seperti bermain air bahkan berenang. Hati-hati ya! Sungai Oyo yang dialiri memiliki kedalaman 2 sampai 5 meter.

Namun, tenang saja, di sini pengelola sudah menyediakan pelampung yang dapat disewa sepuasanya dengan harga Rp5000 sampai Rp10.000.

Selain itu, sejumlah pengunjung biasanya menguji adrenalinnya dengan melakukan cliff jumpjng atau  melompat dari tebing ke arah Sungai Oyo.

Pengunjung bisa jug anik flying fox. Pengunjung yang ingin menikmati flying fox perlu membayar Rp 35.000, untuk menikmati pemandangan Sungai Oyo.

Sementara itu, biaya untuk body rafting sebesar Rp 30.000, bagi pengunjung yang ingin menikmati aliran Sungai Oyo sambil terapung sejauh 350 meter.

Untuk pengunjung yang punya hobi memancing, ada area memancing yang jangan sampai dilewatkan.

Area ini memang dibangun khusus untuk pengunjung yang hobi memancing. Di kawasan ini, pengunjung memancing bersama dengan warga sekitar.

BACA JUGA:Segarnya Air Terjun Delimas Girimulyo, Wisata Hits yang Punya Banyak Spot Foto

Tarif Masuk Air Terjun Sri Gethuk
Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung akan dikenai tiket yang harganya cukup terjangkau, yaitu Rp15.000 per orang, di mana itu sudah termasuk tiket masuk ke Goa Rancang Kencana. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: