Sentra Terpadu Kartini Temanggung Kembangkan 'Latih Adikku'

Sentra Terpadu Kartini Temanggung Kembangkan 'Latih Adikku'

SOSIALISASI. Sentra Kartini Terpadu menyelenggarakan sosialisasi Atensi diaula dinas setempat Rabu 25 Oktober 2023. -foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres-magelangekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Sentra Terpadu Kartini (STK) Temanggung terus memperluas layanan dengan meluncurkan layanan baru yang bernama "LATIH ADIKKU." Layanan ini didesain khusus untuk membantu individu dengan disabilitas dan anak-anak berkebutuhan khusus.

Kepala Bagian Tata Usaha Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Hendra Permana mengatakan "LATIH ADIKKU" adalah layanan terapi holistik yang mencakup Terapi Okupasi, Terapi Wicara, dan Fisioterapi.

Layanan ini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk Layanan Residensial, Daycare, Homecare, Unit Layanan Terapi di Sentra Terpadu Kartini Temanggung, dan Unit Layanan Terapi yang menjangkau seluruh wilayah kerja yang ada di 22 kabupaten kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur.

BACA JUGA:Sentra Terpadu Kartini Temanggung Kembangkan Terapi Khusus, Sasarannya Penyandang Disabilitas

"Saat ini sedang kami lakukan sosialisasi layanan LATIH ADIKKU kepada peserta dari Dinas Sosial di dari 22 Wilayah Kerja, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur," kata Hendra.

Hendra menjelaskan layanan LATIH ADIKKU ditujukan bagi individu yang menghadapi beragam hambatan kesehatan, termasuk disabilitas fisik, mental, intelektual, serta keterbatasan bicara dan sensori seperti Autis, ADHD, Speech Delay, Cerebral Palsy, dan lainnya. Selain itu, "LATIH ADIKKU" juga membantu individu dengan masalah kesehatan mental dan psikologis," terang Hendra.

Dalam acara yang berlangsung di Aula Sentra Terpadu Kartini di Temanggung tersebut Hendra juga menyampaikan, Sentra Terpadu Kartini Temanggung telah mengembangkan unit layanan terapi khusus di berbagai kabupaten dan kota melalui kerjasama dengan dinas sosial dan lembaga kesejahteraan sosial setempat.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penanganan anak disabilitas dan anak berkebutuhan khusus.

BACA JUGA:Sentra Terpadu Kartini Temanggung Salurkan Air Bersih

"Selain layanan di fasilitas Sentra Terpadu Kartini, "LATIH ADIKKU" juga memberikan pelayanan langsung di rumah (homecare). Ini mencakup berbagai terapi dan penguatan keluarga yang dilakukan oleh para pekerja sosial," sambung Hendra.

Hendra menyampaikan layanan "LATIH ADIKKU" mencakup beragam komponen, seperti Layanan Residensial, Daycare, Konseling, dan Out Reach, serta menjangkau penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus.

Tujuannya adalah memberikan perawatan yang holistik dan terpadu bagi individu yang membutuhkannya.

"Sentra Terpadu Kartini Temanggung berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan rehabilitasi sosial yang berkualitas dan memperluas dampak positif bagi individu dengan kebutuhan khusus. 'LATIH ADIKKU' adalah langkah lanjutan dalam upaya kami untuk mendorong inklusi dan perawatan yang berfokus pada kebutuhan individu," pungkas Hendra.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: