Sentra Terpadu Kartini Temanggung Salurkan Air Bersih

Sentra Terpadu Kartini Temanggung Salurkan Air Bersih

BANTUAN. Balai Besar Kartini Temanggung menyalurkan bantuan air bersih di Dusun Tanjungan Desa Kembangsari Kecamatan Kandangan Senin kemarin.-foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres.-magelangekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Tiga bulan terakhir menjadi bulan terberat bagi masyarakat di Dusun Tanjungan Desa Kembangsari Kecamatan Kandangan, mereka harus mengambil air bersih yang jaraknya berkilo meter dari tempat mereka tinggal.

Bantuan air bersih bagaikan oase di padang pasir bagi kurang lebih 450 kepala keluarga (KK) yang selama ini mengandalkan dua mata air di desanya, setidaknya bantuan air bersih bisa mencukupi kebutuhan makan dan minum dalam dua hingga tiga hari kedepan.

"Kemarau sudah tiga bulan, selama itulah masyarakat kami sudah mulai kekurangan air bersih,"tutur Kepala Dusun Tanjungan Desa kembangsari Marjito disela menerima Bantuan air bersih dari Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini (STK) Temanggung Senin 16 Oktober 2023.

BACA JUGA:Warga Temanggung Harap Memwaspadai Ancaman Puting Beliung

Menurutnya, selama musim kemarau, dua mata air yang selama ini memenuhi kebutuhan warga sudah mengering, sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga mengandalkan bantuan dari Pemerintah dan pihak terkait yang menyalurkan bantuan.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, ungkap Marjito, warga harus mengambil air dari sungai yang jaraknya lebih dari satu kilo meter, itupun mengandalkan keberuntungan.

"jika sedang tidak beruntung tidak dapat air, disanapun warga juga harus mencari sumber mata air,"tuturnya.

Ia mengaku, selama ini memang sudah menerima bantuan air bersih, dalam satu pekan minimal satu kali dikirim bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung.

"Alhamdulillah, ada tambahan bantuan ini sangat membantu warga,"tuturnya.

BACA JUGA:Tembakau Srintil Mulai Diolah, Petani Temanggung Berharap Peroleh Harga Terbaik

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung Iyan Kusumadiyana mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan DInas Sosial akan menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 50 tangki air bersih, bantua ini akan disalurkan kepada desa yang saat ini sudah mengalami kekurangan air bersih.

"Bantuan air bersih ini akan kami salurkan unuk kurang lebih 40 Desa yang ada di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung,"katanya Senin kemarin.

Menurutnya, bantuan akan diberikan secara bertahap ke desa-desa yang sudah mengalami kekurangan air bersih, setiap satu tangki air bersih setidaknya 5.000 liter air bersih akan diberikan secara cuma-cuma kepada warga.

Menurutnya, penyaluran bantuan akan menyesuaikan dengan permintaan dari warga, manakala 50 tangki air bersih ini masih kurang maka bisa ditambah jumlahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres