8 Tips Meredakan Sakit Perut saat Menstruasi

8 Tips Meredakan Sakit Perut saat Menstruasi

8 Tips Meredakan Sakit Perut saat Menstruasi-Indah Cahyasari-Canva

MAGELANGEKSPRES -- Wanita seringkali mengalami menstruasi yang menyakitkan. Rasa sakit pada perut dan punggung dapat terjadi pada awal siklus menstruasi.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Selain itu, beberapa wanita juga mengalami gejala PMS seperti perut kembung dan emosi yang bergejolak.

Namun, nyeri haid tidak hanya terbatas pada kram perut dan pegal pada punggung. Beberapa wanita bahkan mengalami mual, muntah, dan nyeri yang menjalar ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Inilah Lokasi Tabebuya Terindah di Magelang Versi Netizen, Kanan dan Kirinya Ada Hamparan Sawah

Jangan khawatir, terdapat cara mengatasi dan meredakan nyeri haid yang dapat Kamu lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Melakukan Olahraga Ringan

Agar aliran darah tetap lancar dan menghindari kram perut yang parah, disarankan untuk tetap berolahraga pada hari pertama atau hari kedua menstruasi.

Dokter menyarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan selama 30 menit setiap hari. Kamu dapat melakukan aktivitas seperti berjalan santai, kardio ringan, yoga, atau berenang.

Melakukan olahraga dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Setelah bergerak, tubuh Kamu pasti akan terasa lebih segar.

BACA JUGA:Tidak Hanya Merokok, Terlalu Banyak Konsumsi 10 Makanan Ini Ternyata Bikin Gigi Kamu Kuning, Cek Apa Saja!

2. Kompres Perut

Kegunaan dari menggunakan air hangat untuk mengompres perut adalah untuk membuat otot perut menjadi lebih rileks dan meningkatkan sirkulasi darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengompres perut yang terasa kram selama 4 jam sehari dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri pada wanita saat menstruasi.

Ada beberapa pilihan kompres yang dapat digunakan untuk meredakan kram, seperti menggunakan kantung berisi air panas, heat patch yang dapat ditempelkan dengan praktis, atau bantalan hangat elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: