Nasi Lesah Pak Badut, Kuliner Legendaris Magelang Sudah Berdiri Lebih Dari 30 Tahun

Nasi Lesah Pak Badut, Kuliner Legendaris Magelang Sudah Berdiri Lebih Dari 30 Tahun

Nasi Lesah Pak Badut, Kuliner Legendaris Magelang Sudah Berdiri Lebih Dari 30 Tahun-Ariesta Susanto-Google Maps

MAGELANGESKPRES – Salah satu kuliner legendaris yang sudah mulai langka di Magelang adalah nasi lesah. Namun, di pusat Kota Magelang ada satu warung nasi lesah yang masih berdiri sejak 30 tahun yang lalu.

Menelusuri kuliner Magelang tidak ada habisnya, terlebih makanan tradisional yang diwariskan secara turun-temurun seperti nasi godog, senerek, hingga mau beong.

Salah satu kuliner tradisional lainnya yang otentik khas bahkan mulai langka di Magelang adalah nasi lesah.

Makanan khas Magelang ini sekilas bentuk dan rasanya ada di tengah-tengah soto dan kare. Nasi lesah memiliki isian yang mirip dengan soto tetapi menggunakan kuah santan yang lebih ringan dari kare.

Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa yang light, mengenyangkan, dan tidak neko-neko, pantas saja nasi lesah disebut sebagai comfort food. Kamu bisa menyantapnya sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam.

BACA JUGA:Nikmatnya Bubur Gudeg Pak Thubari: Santapan Kuliner Magelang yang Rasanya Nendang Harganya Pas !

Sayangnya saat ini tidak banyak warung makan yang khusus menjual nasi lesah sebagai menu utamanya. Di Kota Magelang, warung nasi lesah yang masih eksis adalah Warung Pak Badut yang berada di Jalan Singosari Nomor 16 Rejowinangun, Magelang Selatan.

Warung Nasi Lesah Pak Badut yang berdiri sejak 1990 awalnya dikelola oleh sepasang suami istri. Namun sepeninggalan sang suami, saat ini warung nasi lesah Pak Badut dilanjutkan oleh Maryai, sang istri yang berusia 60 tahun.

Sejak 30 tahun yang lalu, resep nasi lesahnya tidak berubah.

Dalam satu porsi nasi lesah terdiri dari nasi yang disiram kuah santan, dengan isian irisan tahu bacem, mi soun, toge, suwiran daging ayam, daun seledri, serta taburan bawang goreng. Adapun bumbu yang digunakan berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, serta kuah kaldu dari ayam kampung.

BACA JUGA:Mencicipi Kelezatan Nasi Lesah, Kuliner Khas Magelang yang Mirip Soto

Selain rasanya yang otentik dan lezat, harganya yang tetap terjangkau hingga saat ini menjadikan warung nasi lesah Pak Badut favorit banyak orang.

Seporsi nasi lesah standar dibandrol dengan harga Rp9000 saja. Kamu juga bisa menambah lauk seperti telor goreng, sate telur puyuh, sate usus, babat, ceker hingga mendoan yang semakin nikmat menjadi teman menyantap nasi lesah.

Lokasinya ada di pinggir jalan dan sangat mudah dijangkau. Tersedia tempat parkir untuk motor di depan warung, sedangkan untuk kamu yang berkunjung menggunakan mobil, bisa parkir di pinggir jalan yang kosong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: