Cegah Radikalisme di Lingkungan Pesantren, Polda Gelar Dialog Kebangsaan di An-Nawawi Purworejo

Cegah Radikalisme di Lingkungan Pesantren, Polda Gelar Dialog Kebangsaan di An-Nawawi Purworejo

PAPARAN. Salah satu narasumber saat memberikan paparannya dihadapan santri peserta dialog kebangsaan.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Kegiatan dialog kebangsaan yang diinisiasi oleh Polda Jawa Tengah di gelar di kompleks Pondok Pesantren An-Nawawi, kemarin. Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Purworejo.

Dalam dialog tersebut, dibedah tentang paham radikal dan intoleran serta sosialisasi tahapan Pemilu 2024.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kasubdit IV Ditintelkam Polda Jateng AKBP Drs Muh Imron. Adapun narasumber yang dihadirkan diantaranya Ahmad Supriyanto dari Yayasan Persadani dan Anggota KPU Kabupaten Purworejo Abdul Aziz.

BACA JUGA:Parpol dan Relawan All Out Menangkan GaMa, Tim Pemenangan Daerah Purworejo Dibentuk

"Pemahaman radikalisme sebetulnya ditanamkan ke siapa saja, tidak mengenal laki-laki atau perempuan dan tidak ada batasan umur. Dewasa ini sudah melalui media sosial, kalau dulu melalui kajian-kajian," ucap Ahmad Supriyanto yang juga Eks Napiter ini.

Menurutnya, penanaman paham radikal itu masih terus dilakukan, media sosial dengan algoritma memudahkan untuk menjaring anggota.

Banyak sekali akun-akun yang masih aktif bergerak di di atas ma'had (jalan) radikal.

"Radikalisme dan paham intoleran itu akan mencari dan melihat potensi calon anggotanya, intinya harus bijak dalam memahami informasi, tabayun," ujarnya.

Anggota KPU Purworejo Abdul Aziz mengapresiasi langkah Polda Jateng dalam mencegah paham radikalisme dan intoleran melalui kegiatan dialog kebangsaan. Momentumnya juga dinilai cukup tepat menjelang pemilu 2024.

BACA JUGA:Korban Tercebur Sumur di Bandongan Magelang Bertambah, Sang Kakek Menyusul Cucunya di Peristirahatan Terakhir

"Kalangan pemuda harus jeli dan jangan menelan mentah-mentah ketika mendapat informasi atau bujukan yang mengarah ke radikalisme, benar tadi disampaikan, penting sekali tabayun," ucapnya.

Ditambahkan, terkait tahapan pemilu 2024, saat ini Daftar Calon Tetap (DCT) tengah diajukan untuk penggandaan atau pengadaan logistik, tahapan kampanye akan dimulai tanggal 28 November 2023.

"Harapan kami kegiatan ini juga berdampak positif terhadap partisipasi pemilih, pemilih pemula jangan apatis dengan politik, ikuti tahapan yang ada, tentukan pilihan pemimpin yang memang berintegritas, sesuai dengan hati nurani masing-masing," imbuhnya. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres