Sate Srepeh, Makanan Khas Rembang yang Bikin Ngiler

Sate Srepeh, Makanan Khas Rembang yang Bikin Ngiler

Sate Srepeh-@poeticpictur-Instagram

MAGELANGEKSPRES -- Berbicara mengenai kuliner yang ada di Indonesia memang tak ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Tentunya makanan dari semua daerah memiliki makanan khas yang beragam, dengan cita rasa yang berbeda dan unik pastinya.

Hidangan nusantara yang memiliki cita rasa yang enak dan unik salah satunya adalah Sate Srepeh. Sate Srepeh adalah makanan khas Rembang yang rasanya bikin ngiler dan pastinya menggugah selera. 

Istilah Srepeh sendiri merujuk pada kata “repeh”, yaitu bumbu yang menjadi pelengkap Sate Srepeh itu sendiri. Terdiri kacang, sambal merah, santan, dan gula merah.

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya di Magelang Namanya Mie Tasik, Cek Lokasi Di Sini!

Berbeda dengan sate pada umumnya, pencampuran gula merah dan gurihnya santan membuat cita rasa semakin gurih. Teksturnya encer dan warnanya merah kecoklatan.

Konon katanya bumbu ini merupakan percampuran antara budaya Tionghoa dengan masyarakat lokal.

Proses pembuatan Sate Srepeh, tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Daging yang digunakan biasanya daging ayam, jeroan ayam, daging kambing, dan daging sapi.

BACA JUGA:7 Daya Tarik Telomoyo Nature Park Magelang yang Punya Pesona Menawan !

Yang membedakan sate ini dengan sate pada umumnya adalah potongan daging dan cara penyajiannya. Sate Srepeh memiliki potongan daging yang agak pipih, berbeda dengan Sate Madura yang cenderung agak bulat. 

Cara penyajian Sate Srepeh tergolong unik. Kelembutan daging sate berpadu dengan nikmatnya guyuran kuah santan kental berwarna  kemerahan membuat siapapun yang melihat mencium aromanya pasti ngiler.

Lebih cocoknya lagi dimakan dengan nasi sambal tahu dengan kecambah yang membuat rasanya semakin nikmat. Sate Srepeh dibungkus dengan menggunakan daun jati yang membuat aromanya semakin harum.

BACA JUGA:Wuenak Pol Lur! Ini Dia Kenikmatan Nasi Tiwul sebagai Makanan Khas Wonogiri

Buat kamu yang penasaran dengan rasanya, jangan lewatkan menu satu ini ketika berkunjung ke Kabupaten Rembang ya. Sayang kalau dilewatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: