Dapatkan Keberuntungan dengan Banyak Beramal Sholeh di Hari Jumat

Dapatkan Keberuntungan dengan Banyak Beramal Sholeh di Hari Jumat

Dapatkan Keberuntungan dengan Banyak Beramal Sholeh di Hari Jumat--

MAGELANG EKSPRES-Hari Jumat mempunyai keistimewaan dibanding dengan hari-hari lain. Pada waktu yang istimewa itu maka dianjurkan untuk memperbanyak amal sholeh.

Pahala amal sholeh pada hari Jumat akan dilipatgandakan. Apa pun amal sholeh itu, asalkan sesuai dengan syariat Islam.

Sebagaimana dikatakan oleh Qotadah bahwa Allah telah memilih hari yang termasuk istimewa dari yang hari lainnya yaitu hari Jumat. (Tafsir Ibnu Katsir, surat At Taubah ayat 36)

BACA JUGA:Terbangun Tengah Malam, Jangan Lupa Baca Dzikir Ini! Bukti Kedekatan Hamba pada Robnya

Hari Jumat adalah hari yang memiliki keutamaan di sisi Allah Ta’ala. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا تَطْلُعُ الشَّمْسُ وَلا تَغْرُبُ عَلَى يَوْمٍ أَفْضَلَ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Tidaklah matahari terbit dan tenggelam pada suatu hari yang lebih utama dari hari Jum’at.” (HR. Ahmad, ‘Abdur Rozaq, Ibnu Hibban, Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan dalam Shahih At Targib wa At Tarhib bahwa hadits ini hasan)

Dari Aus bin ‘Aus radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” (HR. Abu Daud, no. 1047; An-Nasai, no. 1374; Ibnu Majah, no. 1085 dan Ahmad, 4:8. Hadits ini sahih kata Syaikh Al-Albani).

Kejadian Luar Biasa di Hari Jumat

Selain mempunyai banyak keistimewaan, pada hari Jumat juga terdapat beberapa kejadian luar biasa sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini :

1. Adam diciptakan, dimasukkan dan dikeluarkan dari surga pada hari Jumat

2. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat”. (HR. Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: