Peringati HKN Balkesmas Magelang Gelar Senam Massal

Peringati HKN Balkesmas Magelang Gelar Senam Massal

MELEPAS. Membuka acara peringatan HKN ke 59 Kepala Balkesmas Wilayah Magelang, dr Retno melepas 5 ekor merpati, Sabtu 2 Desember 2023.-HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dimeriahkan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Magelang dengan menggelar acara senam massal, lomba senam dan talkshow kesehatan.

Acara yang diikuti sebanyak 150 dari kader kesehatan Puskesmas Kota Magelang dan kader kesehatan Kabupaten Magelang serta mitra LSM yang bergerak dalam bidang kesehatan.

Kepala Balkesmas Wilayah Magelang, dr Retno Mratihatani menyatakan kegiatan yang diadakan Puskesmas Magelang untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Dengan kegiatan ini untuk memperkenalkan Balkesmas ke masyarakat. Dan mendekatkan kami ke masyarakat sekaligus meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya.

BACA JUGA:Angkat Jabatan 170 PNS Fungsional, dr Aziz Wajibkan ASN Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

BACA JUGA:Gandeng Magelang Ekspres SMAN 3 Magelang Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Populer

Sementara dr Rosalia Oktaviani, ketua panitia kegiatan HKN menjelaskan acara talkshow terkait masyarakat peduli TB (Tuberkulosis) dengan menghadirkan dokter spesialis paru mitra Balkesmas Magelang dr Wildan dan praktisi kesehatan.

"Kenapa TB, untuk memperkenalkan ke masyarakat melakukan perilaku hidup sehat. Serta latihan untuk kesehatan parunya," katanya.

dr Rosa menambahkan narasumber talk show akan menjelaskan terkait TBC supaya masyarakat paham dan peduli kesehatan, sesuai dengan program HKN yaitu semangat komitmen dan kepedulian nyata dalam pembangunan masyarakat.

BACA JUGA:Mengangkat Tema Golden Moment, 105 Tahun Mustika Gold Kota Magelang Gelar Pameran Emas Terbesar Se-Indonesia

"Harapannya masyarakat bisa peduli dan mengerti ketika ada yang terkena TB dan bagaimana tindak lanjutnya," tambah dr Rosa.

Selain HKN, bertepatan dengan Hari Aids Sedunia pada tanggal 1 Desember. Dalam acara yang sama Balkesmas Wilayah Magelang juga menghadirkan kader kesehatan dari masyarakat LSM KDS Sehati dan Kalandara.

"Salah satu penyakit oportunistik TB adalah HIV Aids. Oleh karena itu untuk menambah wawasan masyarakat mengenai hubungan kedua penyaitu tersebut," tandasnya. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres