Museum Batik Danar Hadi Solo: Museum Pengoleksi Batik Terbanyak Pemecah Rekor MURI yang Wajib Kamu Kunjungi!

Museum Batik Danar Hadi Solo: Museum Pengoleksi Batik Terbanyak Pemecah Rekor MURI yang Wajib Kamu Kunjungi!

Museum Batik Danar Hadi Solo: Museum Pengoleksi Batik Terbanyak Pemecah Rekor MURI yang Wajib Kamu Kunjungi!--ig: danarhadi_id

MAGELANGEKSPRES -- Meskipun Kota Pekalongan identik dengan batiknya tetapi tau ngga sih temen-temen kalau ada museum batik terlengkap yang lokasinya ada di Kota Solo lho!

Sangking lengkapnya museum ini telah mencetak MURI (museum Rekor Indonesia) dalam hal pengoleksi batik terbanyak di Indonesia.

Sebelum masuk ke inti dari museum ini, yuk kita sama-sama tilik sejarahnya.

Awalnya nama Danar Hadi adalah industri batik rumahan biasa yang telah turun temurun, dua tokoh pendirinya terdiri dari sepasang suami istri yaitu Sansosa Doellah dan Danarsih Hadipriyono.

Beliau berdua ini ternyata memiliki latar belakang dari keluarga pengusaha batik yang sudah beroperasi cukup lama.

Kemudian mereka berdua menikah pada tahun 1967 yang kemudian sama-sama merintis batik seperti orang tua mereka dengan nama Danarsih Hadipriyono.

Awalnya pembuatan batik ini hanya bermodalkan kain tenun dan mori dari hadiah pernikahan mereka berdua, kemudian mereka olah di kantor dan sanggar yang berada di rumah mereka.

BACA JUGA:Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Destinasi Wisata Penggambaran Kebudayaan yang Hits di Kalangan Anak Muda!

Dari Santosa dan Danarsih masing-masing ternyata memiliki keahlian yang dapat menunjang bisnis batik tersebut hingga pada tahun 1975.

Danar Hadi mulai mengembangkan usahanya dengan membuka toko kecil-kecilan di Jakarta.

Nah setelah menilik sejarah dari asal muasal pendiri dari Danar Hadi, kita beralih ke Museum Batik Danar Hadi, museum dan Rumah Batik Danar Hadi menempati bangunan kuno yang masih sebagai cagar budaya di Solo.

Jika kamu hendak mengunjungi Museum Batik Danar Hadi, kamu dapat menemukannya di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

Tepatnya di dalam kompleks Wuryaningratan yang dulunya menjadi kediaman keluarga K.R.M.H. Wuryaningrat, sebagai menantu dan pepatih dalem dari Raja Kasunan Surakarta.


Museum Batik Danar Hadi Solo: Museum Pengoleksi Batik Terbanyak Pemecah Rekor MURI yang Wajib Kamu Kunjungi!--ig: danarhadi_id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: