Riset Kolaboratif, Dosen Untidar Isi Kuliah Tamu di Sejong University, Korea Selatan

Riset Kolaboratif, Dosen Untidar Isi Kuliah Tamu di Sejong University, Korea Selatan

MEMAPARKAN. Dosen Untidar Magelang Muhammad Rifqi Maarif memaparkan hasil kolaborasi risetnya dengan peneliti dari Sejong University, berjudul “Uncovering Sustainability Insight from Amazon's eco-friendly Product Review for Design Optimalization”.-ISTIMEWA-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Dosen Untidar Magelang Muhammad Rifqi Maarif memaparkan hasil kolaborasi risetnya dengan Muhammad Syafrudin, peneliti dari Sejong University.

Riset dengan judul “Uncovering Sustainability Insight from Amazon's eco-friendly Product Review for Design Optimalization” dipaparkan saat dosen program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Untidar itu diminta sebagai guru tamu di Sejong University, Korea Selatan, Selasa, 28 November 2023 lalu.

Muhammad Rifqi Maarif mengisi kuliah tamu pada mata kuliah Machine Learning bagi mahasiswa pascasarjana. Pada kesempatan tersebut, Rifqi memaparkan mengenai resetnya.

BACA JUGA:Webinar UKM Pelita Untidar Magelang Dukung Keahlian Publikasi Kreatif Mahasiswa

"Riset ini memberikan insight mengenai review produk ramah lingkungan dengan data yang berasal dari product review di laman amazon.com," ujar Rifqi.

"Data review produk dikumpulkan dan dianalisis menggunakan pemrosesan bahasa alami atau Natural Language Processing (NLP) dan Analisis Korespondensi atau Correspondence Analysis (CA) untuk mengukur analisis sentimen, ekstraksi istilah-istilah kunci, dan topic modeling untuk memperkaya perspektif keberlanjutan pada produk ramah lingkungan)," tambahnya.

Hasilnya, dapat divisualisasikan hubungan antara fitur produk ramah lingkungan dan sentimen konsumen.

"Kondisi ini memperlihatkan adanya hubungan antara fitur aspek keberlanjutan yang spesifik dengan kepuasan konsumen," imbuhnya.

BACA JUGA:Wisuda Untidar ke-65 Sesi 2, Rektor: Alumni Ingin Lanjut Studi, Ganidar Siap Mendampingi

Kuliah yang dilaksanakan di gedung Daeyang AI Center, Sejong University ini merupakan bagian dari kunjungan dan tindak lanjut riset kolaboratif yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Peneliti dari Universitas Tidar telah melakukan kolaborasi riset dengan peneliti dari Sejong University dan telah menghasilkan dua buah artikel dengan dosen Untidar sebagai first/correspondence author di Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari riset yang sudah dilaksanakan sebelumnya, pada kesempatan ini kunjungan dilakukan untuk finalisasi artikel ilmiah hasil kolaborasi dan inisiasi kerjasama penelitian dan pengembangan dengan College of Tourism and Hospitality," ujar Ir Ibrahim Nawawi, ST MT IPM, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPM-PP), Untidar yang turut dalam kunjungan tersebut.

Kegiatan patok duga (benchmarking) ke Sejong University, Korea Selatan merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kinerja dan mutu dalam mencapai Indikator Kinerja Utama-Universitas Tidar, khususnya pada IKU 3 tentang dosen berkegiatan di luar Kampus.

IKU 5 tentang penetapan riset dosen, karya dosen dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi, dan IKU 6 tentang Program Studi yang bermitra dengan program studi dari perguruan tinggi pada peringkat QS-100 by Subject.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres