12.630 Kotak Suara Diterima KPU Temanggung

12.630 Kotak Suara Diterima KPU Temanggung

KOTAK SUARA. Salah satu pekerja lepas KPU Temanggung sedang membawa kotak suara yang terbuat dari kardus duplek.-SETYO WUWUH-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Setelah menunggu beberapa pekan, kotak suara untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Temanggung sudah terpenuhi, pengiriman tahap terakhir sebanyak 930 kotak suara sudah masuk ke gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Senin sore kemarin.

Kasubag Keuangan Umum dan logistik KPU Kabupaten Temanggung Muh Lasin mengatakan, secara keseluruhan kebutuhan kotak suara di Kabupaten Temanggung sebanyak 12.630 buah, dengan pengiriman tahap terakhir yakni sebanyak 930 kotak yang dikirim pada Senin 11 Desember 2023.

"Ini pengiriman tahap terakhir untuk kotak suara, pengiriman terakhir ini melengkapi jumlah kekurangan pada pengiriman sebelumnya,"terangnya disela menerima kotak suara Senin kemarin.

BACA JUGA:Harga Kopi Robusta di Temanggung Terus Naik

Ia menjelaskan, kotak suara sebanyak 930 ini dikirim dari PT Surya Prima Semesta di Sioarjo, Jawa Timur.

Sebelumnya dalam beberapa kali pengiriman jumlah kotak suara sudah mencapai 11.700, kemudian ditambah 930 kotak suara jumlah total ada 12.630 kotak suara.

Dijelaskan, kebutuhan kotak suara ini disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Temanggung sebanyak 2.518 TPS.

"Ini sudah sesuai dengan kebutuhan setiap TPS ada 5 kotak suara kali sedangkan jumlah TPS ada 2.518," katanya.

Kemudian kotak suara cadangan ada 40 buah, setiap kecamatan ada 2 buah. Kotak suara cadangan ini tetap di KPU Temanggung.

BACA JUGA:Flashmob Serentak se-Indonesia, PKS Temanggung Terjunkan Caleg Berikan Orasi

Menurut dia saat ini belum pada tahap pemeriksaan, sementara ini masih menunggu instruksi berkaitan dengan perakitan kotak ini.

"Jadi besuk setelah ada instruksi mungkin secara serentak dilaksanakan perakitan kotak suara. Untuk sementara belum ada yang rusak karena kita belum disortir," katanya.

Ia menyebutkan untuk logistik yang belum diterima KPU Temanggung antara lain ada surat suara, kemudian sampul, dan formulir.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres