Angkutan Umum Ngetem di Wonosobo, Disperkimhub: Masuklah ke Terminal

Angkutan Umum Ngetem di Wonosobo, Disperkimhub: Masuklah ke Terminal

NGETEM. Angkutan umum ngetem di Jalan Pasukan Ronggolawe, Wonosobo Timur, Kamis (28/12). -Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Sejumlah angkutan umum (angkum) ngetem atau parkir di bahu jalan dikhawatirkan dapat memicu kemacetan di Wonosobo. Terlebih saat ini masih memasuki momentum liburan natal dan tahun baru (nataru).

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Wonosobo, Agus Susanto menyebut ada dua titik yang biasa diketahui terdapat kendaraan umum ngetem sembarangan.

Titik pertama berlokasi di perempatan jalan Sumberan menuju ke arah Dieng, tepatnya di jalan komplek Hotel Kresna, di Jalan Pasukan Ronggolawe, Wonosobo Timur.

BACA JUGA:Terlibat Adu Banteng di Wonosobo, Pria Asal Semarang Terpental ke Sungai

Titik selanjutnya berada di simpang empat Pasar Kertek Kabupaten Wonosobo. Tepatnya di ruas jalan utama dari arah Wonosobo menuju ke Kabupaten Purworejo.

"Kalau di daerah Hotel Kresna biasanya mikro bus. Kalau yang di Kertek itu bus antarkota dalam propinsi (AKDP)," ungkap Kepala Disperkimhub, Agus Susanto baru-baru ini.

Agus menilai, meskipun ngetem merupakan bagian dari hal yang tak diizinkan, namun ia masih menilai sejumlah kendaraan ngetem tersebut belum berdampak signifikan terhadap situasi lalu lintas selama nataru.

"Sejauh ini tidak begitu signifikan ya dampaknya. Tapi kalau ternyata efeknya cukup terasa, ya kita tindak. Kita akan urai," ujarnya.

BACA JUGA:Dihiasi Kartu Merah, PSIW Kandas di Kandang Sendiri

Agus menegaskan, para pengemudi angkutan umum bisa menggunakan terminal yang tersedia sebagai tempat pemberhentian, baik untuk drop atau menjemput penumpang.

"Masuklah ke terminal yang sudah disediakan. Biar jalan juga bisa terpantau lancar, sehingga mengurangi dampak buruk lainnya," tegasnya.

Lebih lanjut, Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Sardo Lumbantoruan mengatakan, khusus di Kertek sudah terdapat pos pengamanan (pospam) yang berada di simpang empat pasar.

"Sudah ada pospam di sana. Kalau ngetem biar langsung diurai anggota yang bertugas," ucapnya.

BACA JUGA:Niat Liburan Natal di Wonosobo, Wisatawan Malah Tak Sadarkan Diri di Kosan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres