Harga 5 Bapokting di Wonosobo Merangkak Naik, Tertinggi Cabai Merah Keriting

Harga 5 Bapokting di Wonosobo Merangkak Naik, Tertinggi Cabai Merah Keriting

PEDAGANG. Aktivitas pedagang sayur di Pasar Induk Wonosobo, Rabu (3/1). -Mohammad Mukarom-magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

Harga bapokting naik yang selanjutnya yaitu tomat dan bawang putih kating. Meski sejak nataru harganya masih relatif aman, tapi setelah masuk tahun baru keduanya justru ikut mengalami penyesuaian harga.

Untuk tomat kini menyentuh harga sebesar Rp 15.333/kg, dari yang sebelumnya Rp 14.667/kg. Kemudian bawang putih kating kini naik sebesar Rp 667 perak menjadi Rp 42.667/kg, dari yang semula Rp 42.000/kg.

"Hanya 5 komoditas yang naik, selebihnya cenderung stagnan, harganya sama. Beras, telur, daging ayam, semuanya masih aman, stok juga aman," ujarnya.

Menyikapi penyesuaian harga bapokting, Joko Widodo berharap agar masyarakat Wonosobo dapat menggiatkan gerakan tanam.

BACA JUGA:Harga Cabai Tambah Pedas, Dispaperkan Wonosobo Prediksi Melambung Lebih Tinggi Lagi

Baginya, upaya tersebut berguna untuk menjaga stok pangan jika suatu saat akan terjadi penyusutan jumlah ketersediaan.

Selain itu, ia juga menyoroti perilaku masyarakat yang sejauh ini dinilai kurang bijaksana dalam menggunakan bapokting. Terutama ketika di hari-hari besar, banyak ditemukan penggunaan bahan atau bumbu masakan secara berlebihan.

"Kalau hari besar, atau pas ada hajatan, ini kan bumbu-bumbunya luar biasa banyak yang digunakan. Mohon lebih bijak, dikurangi, jangan banyak-banyak. Ya walaupun saya tidak berhak membatasi itu, tapi melihat kondisi cuaca ekstrem begini, khawatir jika stok pangan tipis, masyarakat kelabakan," terangnya.

"Stok tipis, otomatis pengaruh terhadap harga semakin mahal. Nanti sulit sendiri masyarakatnya," tandasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres