26 Unit Ruspin Optimis Wates di Resmikan Pemkot Magelang, Ini Peruntukannya

26 Unit Ruspin Optimis Wates di Resmikan Pemkot Magelang, Ini Peruntukannya

Peresmian Ruspin Optimis Wates pada Selasa, 9 Januari 2023-prokompim kota magelang-prokompim kota magelang

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Sejumlah 26 unit Rumah Unggul Sistem Panel Instan – Omah Panel Tingkat Milik Sederhana  (Ruspin Optimis) yang berada di Sanggrahan RT 5 dan RW 9, Kelurahan Wates, Magelang Utara diresmikan oleh Pemerintah Kota  (Pemkot) Magelang pada Selasa, 9 Januari 2023.

Kompleks perumahan Ruspin Optimis setiap unit terdiri dari bangunan rumah dua lantai yang dilengkapi dengan kamar mandi, luas lahannya sebesar 36 meter persegi.

Sedangkan pembangunan kompleks perumahan Ruspin Optimis, telah dimulai oleh Pemerintah Kota sejak Oktober 2023.

Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur beserta jajarannya, Kapten Inf. Rizky Sudarmanto dari Kodim 0705/Magelang, kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait, dan semua warga penghuni Ruspin Optimis hadir dalam acara peresmian.

BACA JUGA:Tidak Hanya di Pasar Muntilan, Pedagang di Pasar Rejowinangun Kota Magelang Keluhkan Harga Sayuran

Kegiatan peresmian dilaksanakan Pemkot Magelang untuk memenuhi kebutuhan perumahan layak huni dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Magelang.

Menurut Mansyur untuk dianggap layak huni, perlu dipertimbangkan berbagai aspek, termasuk keselamatan bangunan, luas minimum bangunan yang memadai, dan kesehatan warga.

"Diharapkan bahwa Ruspin Optimis nantinya dapat memberikan dampak yang baik. Seperti meningkatkan kualitas hidup para penghuninya serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Mansyur.

“Pesan saya, rumah hunian baru ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

BACA JUGA:Berupaya Tekan Volume Sampah di TPSA Banyuurip, DLH Kota Magelang Rencanakan Anggaran Rp2,5 Miliar

Mansyur juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas usaha dan kerjasama yang telah dilakukan bersama dengan jajaran Kodim 0705/Magelang yang membantu pembangunan dengan menerjunkan anggota dari awal pembangunan hingga selesai.

Selain itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang Bowo Adrianto menjelaskan, adanya rumah hunian di Wates merupakan adopsi dari program Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

“Adanya Program Tuku Lemah Oleh Omah menjadi inspirasi Pemerintah Kota mewujudkan Ruspin Optimis,” ungkap Adrianto.

Adrianto menjelaskan, pada program ini para pemilik Ruspin Optimis yang sebelumnya tinggal di rumah susun, telah melakukan pembelian tanah secara bersama-sama. Setelahnya, warga dapat mengajukan permohonan bantuan pembangunan rumah kepada Pemerintah Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: