Tangkapan Ikan di Waduk Wadaslintang Rendah, Mantan MKP Susi Pudjiastuti Beri Respons

Tangkapan Ikan di Waduk Wadaslintang Rendah, Mantan MKP Susi Pudjiastuti Beri Respons

WADUK. Suasana di Waduk Wadaslintang Kabupaten Wonosobo.-ISTIMEWA-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Menurut informasi yang dihimpun, rataan hasil tangkapan setiap nelayan di Waduk Wadaslintang terpantau sangat rendah. Hanya berkisar antara 0,21-0,71 kg perharinya.

Hal itu disoroti oleh mantan atau eks Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP), Susi Pudjiastuti. Ia tegaskan, stok ikan perlu diperbanyak.

BACA JUGA:Eks Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti Kritisi Sampah Plastik di Wonosobo

"Perbanyak dong ikannya, supaya jumlah tangkapan ikan bertambah," katanya saat diwawancara usai hadiri suatu acara di Kabupaten Wonosobo baru-baru ini.

Susi Pudjiastuti menyebut, penambahan stok ikan tak hanya harus dilakukan di Waduk Wadaslintang, melainkan pula di Telaga Menjer. Selain itu, ia berharap agar pemerintah dapat memperbanyak jenis komoditas ikannya.

"Di Wadaslintang dan Menjer masing-masing endemik sini apa. Kalau bisa ditambah lagi, jangan hanya bila saja, tapi tentunya lebih baik jenis ikan yang cocok dengan dua tempat tersebut," ujarnya.


--

Susi mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo, supaya tidak sekadar fokus memperbanyak jumlah bibit ikan dan menambah jenis ikan. Menurutnya, kebijakan dalam penggunaan karamba jala apung (KJA) juga perlu dipertegas agar tak merusak lingkungan.

Sebagai informasi, jumlah KJA yang terpasang di Waduk Wadaslintang sampai saat ini sudah ada 1000 unit. Masing-masing KJA sudah terisi ikan nila merah, dan beberapa jenis ikan lainnya.

BACA JUGA:Unboxing Bareng Eks MKP Susi, Farid Gaban: Kita Tawarkan Solusi Lewat Buku

"Jala apung terlalu banyak juga akan merusak, boleh tapi diatur ketat supaya ada keseimbangan. Biar alam tetap terjaga kelestariannya," tandasnya.

Lebih lanjut, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat merespons, bahwa masukan dari MKP tersebut dinilai penting untuk memperbaiki perekonomian para nelayan, khususnya di Waduk Wadaslintang.

Bupati Afif berharap, seiring berjalannya waktu, pemerintah akan segera menindaklanjuti usulan tersebut. Melihat bahwa mata pencaharian warga di Wadaslintang sebagian bertumpu pada hasil tangkapan ikan di waduk.

"Siap, nanti kita agendakan penambahan stok ikan. Wadaslintang pelaku UMKM kan bisa kita lestarikan di sana, harapannya nanti semakin banyak yang memanfaatkan di sana," katanya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres