Penyandang Disabilitas dan Lansia di Purworejo Terima Alat Bantu

Penyandang Disabilitas dan Lansia di Purworejo Terima Alat Bantu

SERAHKAN ALAT BANTU. Sebanyak 84 dari total 132 alat bantu diserahkan kepada para penyandang disabilitas dan Lansia di Pendopo Kabupaten Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak 84 dari total 132 alat bantu diserahkan kepada para penyandang disabilitas dan Lansia di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (19/1).

Alat bantu yang diserahkan merupakan tindak lanjut dari simulasi pelayanan Alat bantu pada tanggal 29-30 November 2023 di RSUD dr Tjitrowardojo.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH.

BACA JUGA:Perhatian! Seluruh Jalur Pendakian Gunung Prau Tutup Sampai Idul Fitri

Hadir antara lain Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP, Kepala DP3APMD Laksana Sakti AP MSi, Kepala Pusat Rehabilitasi Yakkum Yogyakarta Kristian Pramudia dan Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP.

"Hari ini kami menyerahkan 84 dari total 132 alat bantu kepada saudara-saudari kita. Yakni berupa kursi roda standar, kursi roda penyangga, kursi roda aktif, Walker dan sebagainya yang berjumlah 8 jenis," kata Ahmad Jaenudin.

Bupati Purworejo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kelompok Kerja Pemenuhan Alat Bantu Kabupaten Purworejo yang terus mengupayakan pemberian alat bantu bagi disabilitas melalui mekanisme yang selektif dan tepat sasaran.

Pihaknya juga berpesan kepada penerima agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Ribuan Knalpot Brong Hasil Operasi Polres Purworejo Dimusnahkan

"Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas mengamanatkan bahwa pemerintah secara berjenjang mulai pusat hingga daerah ingin memastikan penyandang disabilitas mendapat hak yang sama dalam kehidupannya dalam masyarakat," ungkapnya.

MenurutBupati, pemberian alat bantu tersebut adalah salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan layanan dasar bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Hal ini bukan sekadar pemberian sebuah barang, namun juga simbol dari kepedulian dan kebersamaan.

"Melalui alat bantu ini, diharapkan dapat mempermudah aktivitas sehari-hari, membangkitkan semangat serta kemandirian saudara-saudara kita yang membutuhkan," terang Yuli Hastuti.

Sementara itu, Kepala Pusat Rehabilitasi Yakkum Yogyakarta, Kristian Pramudia, menyampaikan bahwa sinergitas Pemkab Purworejo dengan Yakkum sangat luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres