Hujan Lebat dan Angin Kencang Sedang Melanda Magelang dan Sekitarnya, Inilah Doa Saat Menghadapi Cuaca Ekstrem

Hujan Lebat dan Angin Kencang Sedang Melanda Magelang dan Sekitarnya, Inilah Doa Saat Menghadapi Cuaca Ekstrem

Gambar ilustrasi: Doa Menghadapi Cuaca Ekstrem Seperti Hujan Lebat dan Angin Kencang-canva-Muslim

MAGELANGEKSPRES -- Akhir-akhir ini, wilayah Jawa Tengah, terutama Magelang, sedang dilanda hujan lebat dan angin kencang.

Situasi ini seringkali menimbulkan perasaan kekhawatiran dan kecemasan bagi banyak orang.

Dampaknya, terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti longsor, kerusakan rumah akibat badai, dan kecelakaan.

Biasanya, hujan deras sering terjadi bersamaan dengan angin yang kuat dan petir.

Kejadian alam ini akan menyebabkan setiap individu, baik yang sedang beraktivitas di luar ruangan maupun yang berada di dalam rumah, harus selalu berhati-hati.

Akibat krisis iklim, cuaca menjadi tidak menentu dan frekuensi hujan meningkat dengan intensitas yang lebih lebat serta angin yang bertiup lebih kencang.

BACA JUGA:Sering Puasa Senin Kamis? Muslim Coba Cek Keutamaannya!

Dalam ajaran Islam, waktu hujan turun sendiri dianggap sebagai salah satu waktu yang istimewa atau mustajab untuk memanjatkan doa.

Dalam buku Fikih Sunnah karya Sayyid Sabiq, disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan beberapa doa khusus saat hujan, baik itu hujan lebat maupun hujan disertai angin kencang.

Berikut bacaan doa yang dipanjatkan saat hujan lebat dan angin kencang menurut hadist.:

1. Doa Saat Hujan Lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Arab latin: Allâhummâ hââwalâinâ wâ lââ 'âlâinâ. Allâhumma 'âlâl ââkami wâl jibaali, wâzh zhiroobi, wâ buthunil âwdiyati, wâ manââbitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah limpahan hujan di sekitar kami, bukan untuk menyusahkan kami. Wahai Allah, turunkanlah hujan ke daerah pegunungan, gunung-gunung, bukit-bukit, lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pohon-pohon." (HR Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: