Brambang Asem, Kuliner Khas Solo yang Memadukan Cita Rasa Pedas dan Asam, Harganya Murah Meriah!

Brambang Asem, Kuliner Khas Solo yang Memadukan Cita Rasa Pedas dan Asam, Harganya Murah Meriah!

Sajian Sambal Brambang Asem yang Menggugah Selera-kuliner_asiksolo-tangkapan layar instagram

MAGELANGEKSPRES -- Solo, atau Surakarta, bukan hanya dikenal dengan kebudayaan batiknya yang khas, tetapi juga dengan kekayaan kuliner tradisionalnya.

Salah satu hidangan yang mencuri perhatian di kota ini adalah Brambang Asem, sajian yang menggabungkan cita rasa pedas dan asam dengan keunikan rempah-rempah.

Brambang Asem Solo bukan hanya makanan, tetapi juga bagian dari warisan kuliner yang tak terlupakan.

Beberapa orang mengatakan bahwa brambang asem adalah kuliner yang memiliki kemiripan dengan pecel, karena bahan dasarnya yang sama yaitu sayuran hijau. Tetapi terdapat perbedaan antara brambang asem dan pecel yaitu tersebut terletak pada bahan bumbunya.

BACA JUGA:Terbuat dari Tepung Gaplek! Mie Lethek Khas Bantul Suguhkan Kuliner Unik di Jogja

Asal Usul Brambang Asem Solo

Brambang Asem adalah hidangan tradisional Jawa yang telah dikenal sejak zaman kerajaan. Asal usulnya berkaitan dengan kebiasaan para ratu dan keluarga kerajaan di Jawa yang menyukai hidangan berbahan dasar sayuran.

Brambang Asem menjadi pilihan karena memberikan kelezatan dan kesegaran pada hidangan mereka.

Dalam perkembangannya, Brambang Asem tidak hanya dinikmati oleh kalangan kerajaan, tetapi juga menjadi hidangan populer di kalangan masyarakat umum.Kini, Brambang Asem hadir dalam berbagai varian, salah satunya adalah Brambang Asem khas Solo.

Bahan Utama dan Bumbu Brambang Asem Solo

Brambang Asem Solo memiliki bahan utama yang kaya akan sayuran segar seperti kacang panjang, kangkung, Bumbu utama yang memberikan karakter khas pada hidangan ini adalah campuran air asem jawa, bawang merah, cabai, terasi, gula jawa, dan garam.

BACA JUGA:Cicipi Nikmatnya Pecel Keong, Kuliner Khas Salatiga yang Kaya Gizi

Adanya sambal dengan bahan-bahan tersebut membuat makanan ini dinamakan brambang asem. Semua bahan tersebut dipadukan secara proporsional untuk menciptakan rasa pedas, asam, manis, dan gurih yang seimbang sehingga membuatnya berbeda dengan sambal-sambal lain.

Hal lain yang membuat brambang asem unik adalah adanya sajian pelengkap tempe gembus atau tempe yang dihasilkan dari ampas tahu dan dimanfaatkan sebagai lauk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: