Pesona Candi Hindu yang Tersembunyi di Lereng Gunung Ungaran Candi Gedong Songo menjadi Saksi Sejarah

Pesona Candi Hindu yang Tersembunyi di Lereng Gunung Ungaran Candi Gedong Songo menjadi Saksi Sejarah

Pesona Candi Hindu yang Tersembunyi di Lereng Gunung Ungaran Candi Gedong Songo menjadi Saksi Sejarah--

MAGELANGEKSPRES -- Candi Gedong Songo adalah kompleks candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kompleks candi ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Semarang, dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Candi Gedong Songo terdiri dari sembilan candi yang tersebar di sepanjang lereng Gunung Ungaran. Candi-candi ini dibangun pada abad ke-9 dan ke-10 Masehi, pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Candi-candi ini didirikan untuk menghormati dewa-dewi Hindu, seperti Siwa, Brahma, dan Wisnu. Candi Gedong Songo merupakan salah satu situs bersejarah yang penting di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Aneka Macam Wahana Di Objek Wisata Taman Bunga Celosia Semarang

Candi-candi ini merupakan saksi bisu sejarah perkembangan agama Hindu di Jawa. Candi-candi ini juga merupakan bukti kekayaan budaya dan peradaban Jawa pada masa lalu.

Candi-candi di Candi Gedong Songo dibangun dengan gaya arsitektur Hindu Jawa. Candi-candi ini terbuat dari batu andesit, dan memiliki bentuk yang sederhana. Candi-candi ini memiliki ukuran yang beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Candi Gedong Songo yang paling terkenal adalah Candi Gedong I. Candi ini merupakan candi yang terbesar di kompleks ini. Candi ini memiliki tinggi sekitar 20 meter, dan memiliki bentuk yang mirip dengan stupa.

Candi Gedong Songo yang lain antara lain adalah Candi Gedong II, Candi Gedong III, Candi Gedong IV, Candi Gedong V, Candi Gedong VI, Candi Gedong VII, dan Candi Gedong VIII.

BACA JUGA:Inilah Tarif Terbaru Ke Ayana Gedong Songo Semarang, Cek Ulasan Berikut!

Candi Gedong I merupakan candi terbesar di kompleks Candi Gedong Songo. Candi ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 14,5 meter x 12,5 meter. Di dalam candi terdapat arca Siwa Mahadewa, dewa tertinggi dalam agama Hindu.

Candi Gedong II merupakan candi yang paling indah di kompleks Candi Gedong Songo. Candi ini berbentuk persegi dengan ukuran 9 meter x 9 meter. Di dalam candi terdapat arca Dewi Durga, dewi permaisuri Siwa.

Candi Gedong III merupakan candi yang paling unik di kompleks Candi Gedong Songo. Candi ini berbentuk bulat dengan diameter 12 meter. Di dalam candi terdapat arca Brahma, dewa pencipta alam semesta.

Candi Gedong IV merupakan candi yang paling kecil di kompleks Candi Gedong Songo. Candi ini berbentuk persegi dengan ukuran 4 meter x 4 meter. Di dalam candi terdapat arca Ganesha, dewa pelindung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: