Salut! Tendik SD di Kota Magelang Tanamkan Nilai-Nilai Moralitas Lewat Mata Pelajaran

Salut! Tendik SD di Kota Magelang Tanamkan Nilai-Nilai Moralitas Lewat Mata Pelajaran

BELAJAR. Kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar-HENDRI SAPUTRA-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Penanaman nilai-nilai moralitas atau pendidikan karakter pada usia dini menjadi sangat penting untuk kemajuan generasi bangsa khususnya di Kota Magelang.

Hal itu selaras dengan peraturan yang ada di Indonesia yaitu Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), di pasal 1 ayat 1.

Dalam UU tersebut menjelaskan bahwa guru harus dapat melaksanakan pembelajaran yang mengarahkan peserta didiknya secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan lainnya yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

BACA JUGA:Jokowi ke Magelang Dijadwalkan Makan Bakso Pak Sholeh Bandongan, Seberapa Lezat Bakso Ini?

Juanah selaku pengawas sekolah dasar dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang menjelaskan, bahwa untuk tenaga kependidikan Kota Magelang terus berupaya untuk menanamkan nilai-nilai moralitas dan pendidikan karakter kepada anak-anak.

“Kami terus berupaya untuk menanamkan pendidikan karakter dari usia dini, karena hal itu sangat penting untuk mereka ke depannya, menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia merupakan suatu hal yang harus ditanamkan sejak usia dini,” terang Juanah.

BACA JUGA:Raffi Ahmad Hingga Deddy Corbuzier, Ini Sederet Artis yang Makan Bakso Bareng Jokowi dan Prabowo di Magelang

Dirinya menjelaskan bahwa sekarang di Kota Magelang khususnya sekolah dasar telah memasukkan yang namanya pendidikan karakter di mata pelajaran.

“Salah satu cara menanamkan pendidikan karakter dan nilai moralitas yaitu dengan memasukkan hal tersebut ke dalam mata pelajaran di sekolah,” ujar Juanah.

BACA JUGA:Pengamat Respons Positif, Prabowo Siapkan Posisi Strategis Maruarar Sirait di TKN

“Para pengajar memberikan pendidikan karakter maupun nilai moralitas di sela-sela mata pelajaran berlangsung, dan terus ditekankan terkait itu,” imbuhnya.

Juanah juga menjelaskan bahwa dirinya akan terus memperhatikan dengan intens terkait pendidikan karakter terhadap usia dini.

Dirinya juga menjelaskan bahwa bukan hanya di lingkungan sekolah saja tapi hal paling vital yaitu di lingkungan terdekat mereka.

“Lingkungan keluarga dan masyarakat menjadi faktor yang sangat vital dalam pembentukan karakter pada anak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres