Masa Tugas Komisioner KPU Kabupaten Magelang Hampir Berakhir

Masa Tugas Komisioner KPU Kabupaten Magelang Hampir Berakhir

SAMBUTAN. Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin pada pembukaan simulasi tungsura di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Rabu (31/1) lalu.-HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang mengkonfirmasi bahwa masa tugas komisioner 2019-2024 akan berakhir besok, Jumat, 3 Februari 2024.

"Mulai 4 Februari nanti akan dilantik komisioner yang baru di Jakarta. Dan mereka akan bekerja hingga lima tahun ke depan," kata Ketua Kabupaten Magelang, Affifuddin, saat acara simulasi pemungutan dan penghitungan suara tahap kedua di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Rabu, 31 Januari 2024.

BACA JUGA:Polbangtan Beri Bantuan 15.000 Bibit Cabai Kepada Masyarakat Magelang

Terkait simulasi, Affifuddin menyebut, dilakukan untuk tujuan memastikan urutan tahapan sesuai regulasi maupun berdasarkan waktu. Guna mengetahui pada hari pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB akan selesai jam berapa.

"Kalau pada simulasi lalu mengambil sampel dari jumlah paling sedikit, saat ini menggunakan jumlah pemilih yang mendekati angka maksimal 300," kata Affifuddin, seraya menambahkan saat simulasi dilakukan juga penerapan aplikasi Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi).

BACA JUGA:Tersedia 34 Penyelenggara Pelayanan di Wonosobo

Adapun penerapan aplikasi Rekap sendiri merupakan salah satu metode dengan yang digunakan pada Pemilu 2019. Diyakini, aplikasi lebih efektif dan efisien.

Begitu pula dalam proses penggandaan C Hasil Salinan penghitungan suara, yang tidak lagi ditulis tangan tetapi boleh difotokopi. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres