Catat! 4 Rute Perjalanan Flyover Canguk Magelang Solusi Jitu Perlancar Jalur Transportasi

Catat! 4 Rute Perjalanan Flyover Canguk Magelang Solusi Jitu Perlancar Jalur Transportasi

4 Rute Perjalanan Flyover Canguk Magelang--Freepik

MAGELANGEKSPRES -- Masih dalam tahapan pembangunan, Flyover Canguk Magelang tetapkan 4 titik rute perjalanan yang dipergunakan seusai tahapan penyelesaian sejak 8 Februari 2023 - 1 November 2024 mendatang.

Pembangunan Flyover Canguk Magelang dengan panjang total 781.298 meter ini nantinya resmi memiliki 4 rute perjalanan lalu lintas baik dalam jalur Flyover maupun Underpass.

Hal itu disampaikan oleh Nanan selaku Manager Pelaksana PT. Yasa Patria Perkasa yang berkontrak dengan TPK 2.4 Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah DIY, Direktorat Jenderal Binamarga, dan Kementerian KUPR.

BACA JUGA:Kemah Kebangsaan 2024, Kesbangpol Kota Magelang Kuatkan Nilai Kebangsaan Generasi Muda Melalui Rafting

Menurutnya, rute tujuan pembangunan Flyover Canguk mencakup arah tujuan Kopeng, Yogyakarta, dan Semarang melalui jalur Kota Magelang yang rampung pada 360 hari kedepan sejak tanggal pelaksana.

"Dari arah arah Kopeng - Telaga Warna bisa melalui Underpass, jadi nanti ada penambahan rem untuk arah Kopeng - Jogja bisa berbelok langsung (mengikuti jalur bawah Flyover)," katanya.

"Begitupun arah Kopeng - Semarang juga melalui Underpass. Sedangkan untuk Yogyakarta - Semarang melalui Flyover sehingga hasil akhirnya dari Semarang - Jogja itu tidak ada hambatan," jelas Nanang.

BACA JUGA:KPU Kota Magelang Rekap Pemilih Masuk dan Pindah, Handoko: Jumlah Relatif Imbang

Sebagai informasi Flyover Canguk merupakan program dibawah KUPR (Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat) sebagai subkategori Program Strategis Nasional (PSN) dari KSPN Borobudur penghubung KSPN BYP (Borobudur Yogyakarta Prambanan).

Program pembangunan jalan nasional ini memiliki bentang Underpass 16 m dengan pelebaran jalan utama disatu jalurnya selebar 3,5 m x 2 m mencakup tambahan bahu jalan luar dan bahu jalan dalam.

Untuk melancarkan proses ini maka nantinya akan dilaksanakan pengalihan jalan pada area Canguk Magelang secara bertahap dengan kendaraan kecil melalui arah Kota Magelang.

BACA JUGA:Rektor Untidar Serukan Persatuan dan Toleransi untuk Pemilu 2024, Benar-benar Berbeda dari yang Lain!

Bagian TPK 2.4 Provinsi Jawa Tengah, Yutika Aditya Nugraha menjelaskan bagaimana manajemen lalu lintas dapat berlangsung berdasarkan koordinasi dengan kepolisian setempat.

"Kita memiliki opsi dengan membuka jalan disisi kanan dan kiri jalan utama arah Kopeng - Jogja (disisi Pos Polisi Canguk) untuk dilewati kendaraan. Pengerjaan awal disamping dulu hingga selesai dan bisa dilalui kendaraan baru pengerjaan dilakukan ketengah," terang Yutika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres