Petugas KPPS yang Jatuh Sakit Dijenguk Pj Bupati Temanggung

Petugas KPPS yang Jatuh Sakit Dijenguk Pj Bupati Temanggung

KUNJUNGI. PJ Bupati Temanggung bersama Ketua KPU Temanggung mengunjungi anggota KPPS yang sakit dirumahnya. -Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Lima anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Temanggung, tidak bisa menjalankan tugasnya hingga selesai lantaran sakit saat menjalankan tugas saat Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Febuari 2024 lalu.

"Ada lima anggota KPPS yang sakit, tapi sakitnya hanya sakit ringan karena kelelahan saja,"kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung Henry Sofyan Rois usai mengunjungi salah satu anggota KPPS Jumat kemarin.

Henry mengatakan, kelima anggota KPPS ini sudah mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan setempat, sehingga saat ini kondisinya sudah mulai membaik.

BACA JUGA:Delapan Ton Beras Bulog Ludes Diserbu Warga Temanggung

Menurutnya, jika dibandingkan dengan Pemilu periode sebelumnya, jumlah anggota KPPS yang sakit pada pelaksanaan Pemilu 2024 ini lebih sedikit. Pada Pemilu periode sebelumnya bahkan ada yang meninggal satu orang.

"Pemilu periode sebelumnya ada 35 KPPS yang sakit dan satu meninggal dunia,"terangnya. Ia menambahkan, meskipun ada anggota KPPS yang sakit, namun tidak mempengaruhi kinerja dari anggota KPPS lainnya, proses Pemunggutan hingga perhitungan masih berjalan dengan baik."KPPS yang sakit itu dari di Desa Getas, Kecamatan Kaloran, serta Kelurahan Giyanti, dan Kelurahan Temanggung II, Kecamatan Temanggung,"tambahnya.

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo mengatakan pihaknya sudah langsung memastikan kondisi dari anggota KPPS yang sakit, kondisi saat ini sudah mulai membaik dan kembali beraktivitas seperti biasa.

“Alhamdullilah, semua anggota sudah berangsur-angsur membaik kondisi kesehatannya.

Saya juga berpesan kepada anggota KPPS untuk cek kembali ke rumah sakit supaya pemulihan kesehatannya bisa termonitor dengan baik dan segera sembuh,” katanya.

BACA JUGA:2 TPS di Wonosobo Gelar PSU, Partisipasi Pemilih Turun, Cek Angkanya

Fasilitas kesehatan yang diberikan untuk anggota KPPS seperti yang disampaikannya yang juga diberikan dengan penanganan yang khusus, melihat tugas yang diemban oleh anggota KPPS ini juga bertujuan untuk membantu tugas negara dalam mensukseskan gelaran Pemilu 2024 yang berlangsung saat ini.

“Ada penanganan yang khusus terhadap anggota KPPS ini supaya mereka bisa sehat dan pulih kembali dan biayanya gratis, walapun sudah punya BPJS, tapi akan kita gratiskan,”imbuhnya.Menurutnya, kondisi penyelenggaraan Pemilu secara umum yang ada di Kabupaten Temanggung ini berjalan dengan kondusif dan masyarakat aktif berpartisipasi dalam menyalurkan hak pilihnya.

“Tingkat partisipasi cukup tinggi dibandingkan pemilu 5 tahun yang lalu dan kalau kita hitung bisa menduduki di angka 89 persen di Kabupaten Temanggung ini.

Saya ucapkan terima kasih kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu ini dengan sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat berbondong-bondong datang ke TPS untuk melakukan pesta demokrasi dan terima kasih untuk masyarakat untuk partisipasinya, sukses untuk Kabupaten Temanggung,”jelasnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres