Dianjurkan Berlatih Puasa di Bulan Syaban, Bolehkah Puasa Setelah Pertengahan Bulan Syaban?

Dianjurkan Berlatih Puasa di Bulan Syaban, Bolehkah Puasa Setelah Pertengahan Bulan Syaban?

Dianjurkan Berlatih Puasa di Bulan Syaban, Bolehkah Puasa Setelah Pertengahan Bulan Syaban?--

Pendapat Ketiga

Ada pendapat dari Imam Asy Syafi’i dan ulama Syafi’iyah, juga hal ini mencocoki pendapat sebagian ulama belakangan dari Hambali. Mereka mengatakan bahwa larangan berpuasa setelah separuh bulan Sya’ban adalah bagi orang yang tidak memiliki kebiasaan berpuasa ketika itu. Jadi bagi yang memiliki kebiasaan berpuasa (seperti puasa senin-kamis) maka boleh berpuasa ketika itu, menurut pendapat ini. (Lihat Lathoif Al Ma’arif, 244-245)

Dari keterangan tersebut maka pendapat yang tepat dalam masalah ini adalah tidak ada masalah puasa setelah pertengahan Syaban. Sebab, hadits larangan tersebut termasuk lemah, apalagi jika punya kebiasaan puasa.

BACA JUGA:Islam Wajib Tahu! Ini 3 Keutamaan Puasa di Bulan Rajab yang Luar Biasa

Sehingga umat Muslim boleh puasa setelah pertengahan bulan Syaban. Selain meneladani kebiasaan Rasulullah dengan memperbanyak puasa di bulan Syaban. Juga sebagai sarana latihan puasa sebelum masuk bulan Ramadhan.

Semoga kita senantiasa mendapat kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Dan juga dimudahkan mengerjakan puasa Ramadhan sebulan penuh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: