Petani Temanggung Berharap Harga Kopi Tetap Tinggi, Jelang Panen Raya 2024

Petani Temanggung Berharap Harga Kopi Tetap Tinggi, Jelang Panen Raya 2024

PETIK. Salah satu petani kopi di Kecamatan Kledung sedang memetik kopi saat panen raya 2023 lalu. -Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Petani kopi di Kabupaten Temanggung berharap, harga jual kopi pada panen raya 2024 ini masih bertahan tinggi seperti saat ini yang mencapai Rp66.000 untuk kopi robusta petik merah.

Marwanto (54) salah satu petani kopi di Kecamatan bejen menuturkan, harga jual kopi selama tahun 2023 hingga awal tahun 2024 terus mengalami kenaikan,namun kenaikan harga ini tidak sepenuhnya dirasakan oleh petani.

Sebab tuturnya, sebagian besar petani kopi didaerahnya dan daerah lain penghasil kopi, menjual kopi saat panen raya tiba, meskipun ada yang menyimpan namun hanya sebagian kecil dari hasil panen saja.

BACA JUGA:Jelang Puasa, Harga Sayuran di Temanggung Mulai Naik

Menurutnya, saat panen raya 2023 lalu harga jual kopi tidak seperti saat ini, saat iut harga jual kopi untuk kopi petik merah kering baru diharga Rp38.000 per kilogram, sedangkan untuk petik campur hijau dan merah berkisar diharga Rp27.500 per kilogram.

"Saat panen raya memang masih lebih murah jika dibandingkan dengan harga saat ini,"tuturnya Rabu kemarin.

Harga kopi robusta kering katanya, terus mengalami kenaikan harga, bahkan untuk saat ini harga jual kopi petik campur merah dan hijau kering sudah mencapai Rp53.000 per kilogram. harga ini naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan harga saat panen raya.

Senada juga dituturkan Sugeng petani kopi lainnya di Kecamatan Candiroto, menurutnya, harga jual kopi tahun ini menjadi yang tertinggi sepanjang masa, bahkan diperkirakan harga akan terus naik sebelum petani mulai panen raya.

"Stok kopi di tingkat petani sudah mulai mau habis, sedangkan permintaan kopi setiap hari selalu ada,"ujarnya.

BACA JUGA:Fortuner Nyungsep di Jalan Raya Magelang-Semarang, Pengemudi: Mestinya Tunggak Kayu Dibabat Habis

Ia dan petani lainnya berharap, harga jual kopi baik kopi basah maupun kopi kering pada panen raya 2024 ini bisa bertahan tinggi.

Panen raya 2023 lalu harga kopi Robusta basah merah bisa mencapai Rp10.000 per kilogram. Sedangkan untuk kopi kering antara Rp38.000 sampai dengan Rp40.000 per kilogram tergantung kualitasnya.

"Minimal bisa seperti tahun 2023 lalu, harapan kami bisa lebih dari itu, soalnya sekarang harganya sudah diatas Rp50.000 dan Rp65.000, tergantung proses, kualitas kopinya,"harapnya.

Jangan sampai tambahnya, saat memasuki panen raya harga kopi turun, seperti komoditas lainya yang setiap memasuki panen raya harga bisa dipastikan anjlok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres