Tribute to WR Soepratman Tampilkan Puluhan Musisi Lokal

Tribute to WR Soepratman Tampilkan Puluhan Musisi Lokal

TAMPILKAN MUSISI LOKAL. Tribute to WR Soepratman digelar Dinporapar Kabupaten Purworejo dengan menampilkan puluhan pelaku seni musik atau musisi lokal di Ganeca Convention Hall.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Event bertajuk Tribute to WR Soepratman digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo dengan menampilkan puluhan pelaku seni musik atau musisi lokal di Ganeca Convention Hall, Rabu (6/3) malam.

Adanya event itu diharapkan mampu menguatkan penghormatan sekaligus kebanggan masyarakat terhadap sosok pahlawan nasional asal Kabupaten Purworejo, WR Soepratman.

Sebagaimana diketahui, bulan Maret merupakan bulan spesial bagi Kabupaten Purworejo karena pada bulan itu lahir seorang pahlawan, komposer dan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Adalah Wage Rudolf Soepratman yang lahir di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing pada 19 Maret 1903.

BACA JUGA:Purworejo Kembali Raih Piala Adipura

Kepala Dinporapar Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugraha , menyebut W.R.Soepratman merupakan tokoh kebanggan masyarakat Purworejo dan Indonesia. Pemkab Purworejo pun akan selalu berusaha memberikan penghargaan terbaik.

“Ada jutaan pejuang kemerdekaan di Indonesia dan ada ratusan orang yang diangkat menjadi pahlawan nasional namun hanya satu lagu Indonesia Raya yang menjadi lagi kebangsaan. Dan lagu itu diciptakan oleh beliau, Wage Rudolf Soepratman. Orang Purworejo dari Desa Somongari,” sebutnya.

Menurutnya, Purworejo selalu rutin menggelar festival WR Soepratman. Tak hanya Pemkab, Tribute to WR Soepratman pun dilakukan oleh sejumlah komunitas serta warga Desa Somongari.

Pada tahun 2024, lanjutnya, gelaran festival WR Soepratman dilaksanakan secara sederhana mengingat dalam waktu dekat umat muslim akan melaksanakan puasa Ramadan. Kedati demikian, hal itu diharapkan tidak mengurangi semangat warga Purworejo untuk selalu memberi persembahan terbaik kepada pahlawan nasional tersebut.

“Untuk tahun ini hanya ada kegiatan tribute to WR Soepratman dan besok akan ada kegiatan Umbul Dongo di Balai Desa Somongari,” ungkapnya.

BACA JUGA:Purworejo Expo 2024 Dorong Geliat UMKM “Go International”,Omzet Transaksi Penjualan Capai Rp1,96 Miliar

Lebih lanjut Aan mengemukakan bahwa WR Soepratman merupakan tokoh nasional. Di tengah kontroversi sejarah, Purworejo memiliki versi serta cara tersendiri untuk menghargaan jasa serta peran WR Soepratman dalam Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bagi Purworejo jelas, Maret adalah bulan istimewa dan kami berharap serta akan terus menggaungkan agar perayaan khusus kelahiran WR Soepratman tidak hanya dilakukan di Purworejo, melainkan juga menjadi hajatan Nasional,” tandasnya.

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten 1, Bambang Susilo mengutarakan bahwa warga Purworejo harus bangga karena di daerah lahir seorang pahlawan besar yang karyanya dikumandangkan di seluruh daerah nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres