Angka Harapan Hidup Lansia di Kota Magelang Capai 77,04 Tahun

Angka Harapan Hidup Lansia di Kota Magelang Capai 77,04 Tahun

Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Istikomah saat bertatap muka dengan sejumlah lansia beberapa waktu lalu-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Capaian angka harapan hidup lanjut usia (lansia) di Kota Magelang mencapai 77,04 tahun, melebihi angka statistik nasional yakni 73 Tahun. Hal itu tidak terlepas dari upaya Pemkot Magelang senantiasa memperhatikan masyarakat lansia.

Para lansia dinilai menjadi sasaran utama mendapat pelayanan dasar dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Dari alasan tersebut, Pemkot Magelang membuat program yang fokus pada pelayanan kesehatan bagi lansia, yakni pelayanan Siaga Among Raga (SIAMOR).

BACA JUGA:Kredit Bank Magelang Meningkat, Cairkan Rp10 Miliar Selama Ramadan dan Lebaran 2024

SIAMOR merupakan program memfasilitasi layanan bagi para lansia yang membutuhkan kontrol rutin ke rumah sakit.

Melalui program tersebut lansia bisa mendapatkan fasilitas jemput, pendampingan proses pemeriksaan, sampai mengantarkannya kembali ke rumah.

Selain itu, ada juga Jemput Sakit Antar Sehat (JSAS) yang merupakan program unggulan Wali Kota Magelang di bidang kesehatan.

BACA JUGA:Diguyur Hujan, TNI Secaba Kota Magelang Tetap Semangat Bagikan Ratusan Takjil di Jalanan

Kemudian, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebagai upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat juga didorong untuk memelihara kesehatan lansia dengan program penyuluhan dan pemeriksaan (skrining) kesehatan bagi lansia di tingkat RT/RW setiap bulan.

"Posyandu ini adalah kegiatan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat di bidang kesehatan. Tujuannya untuk memelihara kesehatan lansia," jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr Istikomah, ada acara Penyuluhan Lansia di Aula Tidar Dudan, Kecamatan Magelang Selatan, Senin, 25 Maret 2024.

Dokter cantik ini menuturkan bahwa salah satu standar pelayanan minimal bidang kesehatan adalah layanan untuk lansia. Standarnya semua lansia rutin melakukan skrining kesehatan, contohnya yang dilakukan di Posyandu.

BACA JUGA:Tuntut Demokrasi Hingga Pilpres 2024, Ruang Juang dan Forum Anomali Gelar Aksi di Kota Magelang

"Lansia itu cenderung menurun kesehatannya, seperti masalah hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain yang bersifat kronis. Maka setiap bulan harus rutin memeriksakan diri supaya yang sehat tetap sehat," ungkapnya.

Lebih lanjut, pelayanan kesehatan bagi lansia ini juga bertujuan untuk meningkatkan usia harapan hidup yang di Kota Magelang ini mencapai 77,04 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres