Event Balon di Wonosobo Semakin Meriah, Tahun ini Digelar di 14 Lokasi

Event Balon di Wonosobo Semakin Meriah, Tahun ini Digelar di 14 Lokasi

BALON. Event Festival Balon di Kabupaten Wonosobo-IST-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Festival balon udara tahunan di Kabupaten Wonosobo akan lebih disemarakkan lagi dari event sebelumnya. Tahun 2023, kegiatan hanya digelar di 8 lokasi, tapi di tahun ini acara tersebut akan dihelat di 14 titik.

"Jika pada tahun 2023 festival balon digelar di 8 lokasi, tahun ini, digelar di 14 lokasi," kata Kabid Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Fatonah Ismangil, baru-baru ini.

Agenda rutin tahunan bertajuk "Festival Mudik Tahun 2024", kali ini diadakan mulai dari tanggal 11-20 April 2024. Kemudian nanti ada hari puncak acara yang dilaksanakan di alun-alun kota pada, 21 April 2024.

BACA JUGA:3 Peracik Obat Petasan di Wonosobo Ditangkap, 1 DPO, Berikut Kronologinya

Fatonah Ismangil mengungkapkan, beberapa titik yang akan dijadikan sebagai lokasi penerbangan balon udara tahun ini, bertempat di desa-desa pilihan yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Wonosobo.

Dia menyebutkan, festival balon udara tersebut turut dimeriahkan di Desa Kembaran Kalikajar, Desa Simbang Kalikajar, dan Desa Lamuk Kalikajar.

Lalu di Desa Reco Kertek, Desa Karangluhur Kertek, Desa Candiyasan Kertek, Desa Bojasari Kertek, Desa Wringinanom Kertek, dan Desa Semayu Selomerto.

BACA JUGA:Bupati Wonosobo Serap Aspirasi Masyarakat Saat Tarawih Keliling

Selanjutnya festival disemarakkan juga di Kelurahan Jaraksari Wonosobo, Kelurahan Sambek Wonosobo, Desa Gondang Watumalang, dan Kelurahan Mudal di Kecamatan Mojotengah.

Kata Fatonah, spesial di hari puncak acara, target balon yang diterbangkan ada sebanyak 40 buah. Balon-balon ini akan dinaikkan sejak pukul 6 - 9 pagi, karena di waktu tersebut dinilai waktu yang tepat.

"Rencananya ada 40 balon di hari puncak. Balon diterbangkan dengan ditambat pagi hari, karena di saat itulah waktu terbaik bagi balon raksasa setinggi 7 meter dan berdiameter 3-4 meter ini terbang, soalnya angin masih stabil," jelasnya.

BACA JUGA:Lagi-lagi Kurir Sabu di Wonosobo Tertangkap, Dipergoki di Desa Sawangan

Disampaikan juga, dalam Puncak Festival Mudik ternyata tak hanya ada event penerbangan balon udara saja, tapi ada juga festival kuliner tradisional hingga kuliner kekinian. Setidaknya, akan ada 140 stan kuliner disediakan, mengelilingi alun-alun Wonosobo.

"Ayo catat tanggalnya dan ramaikan bersama keluarga. Nanti juga ada pertunjukan kesenian sebagai sarana hiburan masyarakat di momentum liburan Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres