Ledakan Petasan di Magelang Terjadi Berulang, Netizen Minta Polisi Tindak Tegas Akun Media Sosial Daerah

Ledakan Petasan di Magelang Terjadi Berulang, Netizen Minta Polisi Tindak Tegas Akun Media Sosial Daerah

Unggahan media sosial X akun anonim @/txtdrMagelang mengungkap fakta tentang fenomena petasan yang diposting akun instagram-TANGKAPAN LAYAR-X

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Sebuah akun anonim X menilai penyebab masih adanya rutinitas petasan di Magelang pada momen Lebaran itu ada andil dari beberapa akun instagram yang memosting video penyalaan petasan.

“Di IG banyak yang mengatakan ‘tradisi’, akun-akun daerah Magelang banyak yang memposting mercon, jadi ketika menyalakan mercon dan diposting di akun-akun daerah tersebut, orang yang menyalakan merasa bangga karena viral,” tulis @/txtdrMagelang, Jumat, 12 April 2024.

Akun anonim tersebut menilai jika unggahan video menyalakan petasan, secara tak langsung  bisa menginspirasi orang lain. Sebab, menyalakan petasan dan direpost akun dengan pengikut yang sangat banyak dianggap sebagai sebuah penghargaan yang membanggakan.

BACA JUGA:Terjadi Lagi, Petasan Meledak di Magelang 5 Rumah dan 1 Mobil Rusak

“Tidak menyebut bahwa SDM daerah kita rendah, tapi tidak sedikit juga yang mengatakan begini (bangga menyalakan petasan),” imbuhnya.

Netizen berharap agar postingan akun-akun instagram yang mengatasnamakan daerah tersebut untuk ditertibkan. Pasalnya, jika dibiarkan dikhawatirkan banyak warga yang tertarik menggelar kebiasaan membahayakan banyak orang itu.

“Mohon untuk membantu mengevaluasi dan menertibkan postingan ‘akun-akun daerah’ tersebut agar tidak menjadi contoh buruk masyarakat dan daerah lain,” tulisnya.

BACA JUGA:Paket Berisi Bahan Mercon Meledak di Asrama Brimob Sukoharjo

“Betul akun IG yang pake nama magelang, bukanya edukasi yang bener malah jadi kompor. Perlu dikumpulkan dan dievaluasi. Magelang viral kok masalah mercon pas Idulfitri. Perangkat desa, dusun, RW, RT juga harus mendukung, kalau perlu lomba bersih mercon tingkat desa,” cuit @/99wisnu.

Seperti diberitakan balon raksasa berisikan petasan jatuh di Mertoyudan Kabupaten Magelang, Jumat, 12 April 2024.

Akibatnya, lima rumah dan satu unit mobil mengalami kerusakan. Meski tidak ada korban jiwa tapi pihak Polresta Magelang sudah melakukan penyelidikan.

BACA JUGA:3 Peracik Obat Petasan di Wonosobo Ditangkap, 1 DPO, Berikut Kronologinya

Kronologi kejadian, balon udara tersebut meledak di gang perumahan Pesona Mungkid Desa Donorejo, Kecamatan Mertoyudan.

Salah seorang saksi mata mengatakan jika petasan yang dibawa balon udara itu terjatuh dan meledak di gang perumahan pada pukul 08.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres