Puluhan Balon Udara di Wonosobo Tak Diterbangkan, Ini Alasannya

Puluhan Balon Udara di Wonosobo Tak Diterbangkan, Ini Alasannya

BALON. Suasana menjelang penerbangan balon udara di Wonosobo. -IG: @balonwonosobo-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Festival Mudik Balon Udara yang diselenggarakan di Desa Reco Kertek, Kabupaten Wonosobo mengalami hambatan. Ribuan pengunjung tidak jadi menikmati keindahan balon udara karena cuaca yang tak memungkinkan pada Selasa (16/4).

"Mohon maklum, karena cuaca yang tak memungkinkan. Apalagi Reco wilayahnya dataran tinggi, dan angin cukup sulit dikontrol," kata Kepala Disparbud Wonosobo, Agus Wibowo.

Saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Agus menyampaikan bahwa festival tersebut bisa dilaksanakan dengan baik jika didukung dengan kondisi cuaca.

BACA JUGA:Nonton Petasan Warga di Tegalrejo Magelang Terkena Ledakan di Kaki, Cacat Seumur Hidup

Jika ada angin kencang atau hujan, balon udara tidak dapat diterbangkan.

Para pengunjung gagal menyaksikan cantiknya berbagai macam corak desain balon udara yang menghias langit di Desa Reco, Wonosobo. Kata Agus, idealnya, penerbangan balon tersebut hanya di pagi hari, tentunya dengan kondisi angin yang stabil.

"Kalau faktor alam memang kita tidak bisa banyak berbuat. Tapi tidak perlu khawatir, karena penerbangan balon di Reco jatahnya sampai besok Rabu (17/4). Semoga cuaca mendukung, dan pengunjung bisa terhibur," jelasnya.

Seperti yang diketahui, festival itu digelar dan ditengarai oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Acara dilaksanakan di 14 lokasi secara berturut-turut, semenjak 11 April lalu, sampai 21 April 2024 mendatang.

Setiap lokasi, festival digelar setiap hari di berbagai desa yang telah ditentukan. Untuk hari ini (red. Selasa), penerbangan balon dijadwalkan diselenggarakan di Desa Reco, Jaraksari, dan Kelurahan Simbang Wonosobo.

BACA JUGA:Netizen Bandingkan Balon Udara di Magelang Merusak Rumah Warga dengan Tradisi di Wonosobo yang Estetik

Sementara untuk Hari Rabu (17/4) besok, Festival Mudik Balon Udara dijadwalkan di Mudal dan Reco.

"Kalau misal ada yang terkendala cuaca, pengunjung bisa bergeser ke lokasi lain. Karena memang acara ini diadakan setiap hari di tempat-tempat yang berbeda sesuai jadwal," imbaunya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres