Puasa 3 Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Dihitung Seperti Puasa Setahun

Puasa 3 Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Dihitung Seperti Puasa Setahun

Puasa 3 Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Dihitung Seperti Puasa Setahun--

MAGELANG EKSPRES-Isilah hidup Anda dengan amalan-amalan ringan dan tidak memberatkan. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam mengajarkan amalan-amalan ringan yang kita kerjakan untuk meraih pahala dan ridha dari Allah Ta'ala.

Diantara amalan ringan tersebut adalah puasa sunnah puasa tiga hari setiap bulan. Kalau sebulan itu kita hitung 30 hari kemudian 3 hari digunakan untuk puasa berarti masih ada 27 hari untuk tidak puasa. Tidak beratkan kan?

Niatkan mulai sekarang! Awalnya memang berat yang belum terbiasa. Maka proses awalnya harus dipaksa. Kalau sudah terbiasa maka lama-lama akan menjadi kebiasaan. Kalau sudah menjadi kebiasaan maka akan terasa nikmat. Bila belum mengerjakan di bulan itu akan terasa ada sesuatu yang kurang.

BACA JUGA:Baca Sayyidul Istighfar Setiap Pagi dan Sore, Amalan Ringan yang Menjadikan Kita Masuk Surga!

Dalam hadist yang diriwayatkan Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثٌ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ فَهَذَا صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa tiga hari setiap bulan dan puasa Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, ini seperti puasa setahun penuh. Puasa hari Arafah, aku berharap akan diampuni oleh Allah dosa setahun yang lalu dan setahun berikutnya. Puasa hari Asyura, aku berharap akan diampuni oleh Allah dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim, no. 1162)

Hadist tersebut menjelaskan bahwa bagi orang yang mengerjakan puasa tiga hari setiap bulan seperti puasa setahun penuh. Artinya orang yang mengerjakan puasa 3 hari sebulan akan dihitung seperti puasa setahun penuh. Apa Anda tidak ingin?

Bentuk Puasa Tiga Hari Setiap Bulan

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam tidak memberatkan umatnya dalam mengerjakan puasa 3 hari setiap bulan. Ada cara yang bisa kita pilih ketika ingin mengerjakan puasa 3 hari setiap bulan.

Yang pertama, tanpa menentukan hari, pokoknya puasa dalam sebulan tiga hari. Bisa berurutan atau tidak. Yang penting puasa 3 hari setiap bulan.

Di antara hadits yang membahas  hal ini adalah:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya; 2- mengerjakan shalat Dhuha; 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari, no. 1178)

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: