Masuk Hari ke-3, Pendaftaran Bacabup Wonosobo Jalur Independen di KPU Kosong

Masuk Hari ke-3, Pendaftaran Bacabup Wonosobo Jalur Independen di KPU Kosong

KPU. Gedung KPU Kabupaten Wonosobo.-Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - KPU Kabupaten Wonosobo telah membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacabup - Bacawabup) independen sejak Rabu (8/5) lusa kemarin. Sampai hari ke-3, pendaftaran masih sepi.

"Sampai hari ini belum ada yang mendaftar ke KPU, dan akan kami tunggu," kata Komisioner KPU, Robingul Ahsan saat dihubungi pada Jumat (10/5).

Tampaknya, peluang bagi masyarakat Wonosobo yang ingin maju ke bursa tersebut melalui jalur perseorangan agaknya tidak mudah. Karena ada persyaratan yang harus dipenuhi, seperti diatur dalam Keputusan KPU Wonosobo No 866/2024.

BACA JUGA:Hengkang Dari Liga 3 Nasional, Suporter Tuntut Manajemen PSIW Tak Asal Comot Pemain

Dalam aturannya menyebutkan, bahwa setiap calon musti mengantongi minimal sebanyak 7,5 persen persebaran dukungan, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir di Pemilu 2024 lalu.

Dengan ini, setidaknya pasangan Bacabup-bacawabup Wonosobo jalur independen mampu memperoleh sejumlah 52.022 dukungan dari total 693.625 DPT, atau yang tersebar minimal di 8 kecamatan.

Para calon kandidat juga dibebankan untuk melampirkan seluruh KTP dan pernyataan dukungan dari 52.022 orang, pada saat menyerahkan Formulir Model B Penyerahan Dukungan Perseorangan dan Formulir Model B Jumlah Dukungan, di kantor KPU.

Ketua KPU, Ruliawan Nugroho menjelaskan, pendaftaran kandidat perseorangan atau independen ini merupakan alternatif bagi masyarakat yang belum memiliki kendaraan politik.

BACA JUGA:Ketua Serikat Buruh Wonosobo: Sekitar 25-40 Persen Jumlah Perusahaan Belum Penuhi Standar Pengupahan

"Jadi apabila masyarakat belum mempunyai kendaraan politik bisa menjadi alternatif memenuhi syarat dukungan perseorangan. Sehingga harapannya, kami sosialisasikan agar bisa disebarkan ke masyarakat," katanya baru-baru ini.

Ia belum dapat memastikan apakah jalur tersebut akan ramai atau sepi peminat di tahun ini. Namun dalam sejarahnya, pencalonan independen di Wonosobo pernah ada di momentum Pilkada tahun 2015 silam.

"Sejauh ini belum ada yang mendaftar, tapi kalau tanya-tanya sudah banyak," tandasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres