Jemaah Haji Asal Wonosobo Didominasi Lansia, Kemenag Siapkan Nakes di Tiap Kloter

Jemaah Haji Asal Wonosobo Didominasi Lansia, Kemenag Siapkan Nakes di Tiap Kloter

LEPAS. Pemerintah Kabupaten Wonosobo melepaskan pemberangkatan rombongan jamaah haji kloter pertama di halaman Pendopo Bupati, Senin (13/5). -istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Total jemaah haji asal Kabupaten Wonosobo tahun ini tercatat sebanyak 715 orang. Jumlah itu didominasi oleh jamaah lanjut usia (lansia), rata-rata umur 75 tahun. Kemenag siapkan sejumlah nakes yang terbagi di setiap kloter rombongan.

"Kalau rata-rata usia jamaah tahun ini sekitar 70-75 tahun. Kita sudah siapkan tenaga kesehatan (nakes) di masing-masing kloter pemberangkatan rombongan," kata Kakan Kemenag Wonosobo, H Panut.

Jumlah jemaah haji tersebut telah dibagi menjadi 3 kloter pemberangkatan. Masing-masing kloter, berjumlah hingga ratusan orang, termasuk terdiri dari beberapa dokter dan nakes untuk mendampingi para tamu Allah tahun ini.

BACA JUGA:Tenggelam di Sungai Bogowonto Wonosobo, Seorang Bocah Meninggal Dunia

Untuk kloter (11) pertama, diberangkatkan pada 13 Mei, kloter (12) kedua dan rombongan di kloter (13) ketiga pada 14 Mei dini hari.

Jadwalnya mengalami pergeseran waktu, lebih cepat dari sebelumnya.

H Panut menyebutkan, kloter pertama terdiri sebanyak 117 jemaah, kloter berikutnya ada sebanyak 352 jemaah, dan kloter terakhir berjumlah 246 jemaah.

Sehingga totalnya ada 715 jemaah haji asal Wonosobo sudah siap dilepaslandaskan menuju tanah suci.

"Pada dasarnya, jamaah ini sudah melalui tahap istithaah, atau proses pemeriksaan kesehatan. Sehingga sekarang mereka sudah siap berangkat dan kita siapkan nakes," jelasnya.

Dia juga memaparkan, jumlah jamaah haji berdasarkan kecamatan, terbanyak ada di Kecamatan Wonosobo yaitu 128 orang, Kecamatan Kertek 67 orang, Kecamatan Selomerto 41 orang.

BACA JUGA:2 Korban Ledakan Gas di Gunung Prau Alami Luka Bakar 30 Persen

Kemudian Kecamatan Leksono 51 orang, Kecamatan Garung 22 orang, Kecamatan Mojotengah 71 orang, Kecamatan Kejajar 26 orang, Kecamatan Watumalang 24 orang, Kecamatan Kepil 44 orang, Kecamatan Kalikajar 66 orang.

Berikutnya ada Kecamatan Sapuran sebanyak 37 orang, Kecamatan Kaliwiro 50 orang, Kecamatan Wadaslintang 43 orang, dan Kecamatan Sukoharjo sebanyak 28 orang, dan Kecamatan Kalibawang sebanyak 17 orang jamaah.

Pelepasan jamaah haji dilaksanakan tanpa acara seremonial di halaman Pendopo Kabupaten Wonosobo, demi efisiensi waktu. Pemberangkatan itu langsung disaksikan oleh Bupati Afif Nurhidayat, serta jajaran pemerintah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres