Kwarran Wonosobo Juara Umum di Pesta Siaga Kabupaten, Siap-siap Dikirim ke Kwarda Akhir Mei

Kwarran Wonosobo Juara Umum di Pesta Siaga Kabupaten, Siap-siap Dikirim ke Kwarda Akhir Mei

SIBUK. Tampak beberapa siswa sibuk membuat pioneering dalam acara "Pesta Siaga Kwarcab" di halaman Pendopo Bupati Wonosobo. -Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Wonosobo berhasil menjuarai umum di gelaran Pesta Siaga Kabupaten. Rencananya, mereka akan dikirim untuk kegiatan serupa, tingkat Regional Jawa Tengah Kwarda di Kabupaten Klaten pada akhir Mei 2024 mendatang.

Dalam Kwarran Kecamatan Wonosobo, terdiri dari 4 Sekolah Dasar (SD) yang akan menjadi delegasi mewakili daerah menuju ke ajang Pesta Siaga Provinsi, seusai ditetapkan sebagai juara dalam penyaringan Kwarran se-kabupaten melalui Kwarcab.

Adapun nama sekolah yang dimaksud yaitu Barung Hijau Putri SD Negeri 1 Wonosobo sebagai tergiat I, Barung Biru Putri SD Negeri 5 Wonosobo tergiat II, Barung Merah Putra SD Negeri 1 Wonosobo menjadi tergiat I, dan Barung Merah Putra SD Negeri 5 Wonosobo menjadi tergiat II.

BACA JUGA:Di Wonosobo 26 Tahun Tak Ada Pengadaan Unit Damkar Baru, BPBD: Tinggal 1 Unit yang Beroperasi

Demikian disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Wonosobo tahun 2024, Nurul Hidayati. Kata dia, para juara juga mendapatkan tropi dan piagam penghargaan.

“Selain mendapat tropi dan piagam penghargaan, untuk tergiat I dan II kategori putra putri, berhak mewakili Wonosobo pada kegiatan Pesta Siaga Tingkat Regional Kwarda Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2024 di Kabupaten Klaten,” jelas Nurul kepada awak media.

Acara tersebut dilaksanakan selama sehari, Selasa (14 Mei 2024). Penutupan kegiatan yang mengusung tema "Gesit (Gembira, Semangat, Inovasi, dan Terampil) itu langsung dihadiri oleh Bunda Siaga, Chusniatul Albar.

Dalam kesempatannya, Chusniatul Albar turut memberikan apresiasi kepada seluruh Kwarran se-Kabupaten Wonosobo yang telah mengikuti Pesta Siaga. Melalui Gerakan Pramuka, setiap siswa diharap mampu mengamalkan nilai-nilai yang diperoleh terhadap kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Jeblok di Liga 3 Nasional, Begini Evaluasi Pelatih Terhadap Pemain PSIW

“Saya harap ananda sekalian mendapatkan pengalaman berharga dan banyak tambahan wawasan, yang akan berguna di masa selanjutnya. Selain itu, saya harap penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Dwi Dharma Siaga dapat terus dilakukan pada kehidupan sehari-hari seterusnya,” pintanya saat memberikan sambutan.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh SD se-Kabupaten Wonosobo. Masing-masing regu atau barung, terdiri dari 8 orang. Totalnya, ada sebanyak 480 peserta pramuka siaga.

Turut hadir dalam acara sekaligus menyerahkan tropi dan piagam, Ketua Kwarcab Wonosobo Muhammad Albar beserta seluruh jajaran Mabicab Gerakan Pramuka Wonosobo. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres