Hadist Ini akan Memotivasi Anda Shalat Berjamaah di Masjid, Baca dan Renungkan !

Hadist Ini akan Memotivasi Anda Shalat Berjamaah di Masjid, Baca dan Renungkan !

Hadist Ini akan Memotivasi Anda Shalat Berjamaah di Masjid, Baca dan Renungkan !--

Dalil lain menunjukkan bahwa hukum shalat berjamaah itu wajib ‘ain karena ada ancaman keras bagi yang meninggalkan shalat berjamaah dan orang buta yang mendengar adzan masih disuruh untuk menghadiri shalat jamaah.

BACA JUGA:Hukum Shalat Berjamaah : Laki-laki yang Tidak Shalat Berjamaah di Masjid Berdosa!

Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali hafizhohullah berkata, “Orang yang melaksanakan shalat sendirian masih sah, namun dihukumi berdosa karena ia telah meninggalkan shalat berjamaah. Wallahu a’lam.” (Lihat Bahjatun Nazhirin, 1: 38). Ini tentu bagi yang meninggalkan shalat jama’ah tanpa ada uzur.

3. Setiap satu langkah kaki menuju masjid maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya sampai masuk masjid.

4. Niat yang membuat seseorang pergi keluar hingga menunggu shalat dinilai berpahala. Jika seseorang keluar rumah tidak berniat untuk shalat, tentu tidak mendapat pahala seperti itu.

4. Shalat lebih utama dari amalan lainnya karena terdapat doa malaikat. Di antara tugas para malaikat adalah mendoakan kebaikan pada orang-orang beriman. Doa ini ada selama seorang yang shalat tidak berbuat kejelekan di masjid dan selama ia terus berada dalam keadaan suci (berwudhu).

BACA JUGA:Shalat Subuh dan Isya berjamaah, Amalan Ringan dengan Pahala Besar Sampai Ada Orang yang Rela Merangkak

5. Hadits ini menunjukkan keutamaan menunggu shalat. Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Jika seseorang menunggu shalat dalam waktu yang lama, setelah sebelumnya melakukan shalat tahiyatul masjid dan berdiam setelah itu, maka akan dihitung pahala shalat.” (Syarh Riyadhus Sholihin, 1: 74).

Hadist tersebut hendaklah memotivasi kita untuk senantiasa menjaga shalat berjamaah di masjid. Lawan rasa malas dengan niat yang ikhlas untuk mencari keridhaan Allah Ta'ala. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: