Calon Anggota Panwaslucam Purworejo Didominasi Wajah Baru

Calon Anggota Panwaslucam Purworejo Didominasi Wajah Baru

WAWANCARA. Bawaslu Purworejo melakukan wawancara terhadap calon anggota Panwaslucam baru di Hotel Sanjaya Inn Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Kecamatan Kemiri menjadi satu-satunya kecamatan yang akan memiliki anggota Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) baru untuk menghadapi Pemilihan Bupati (Pilbup) Purworejo 2024.

Tiga anggota Panwaslucam yang mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 lalu tidak dapat mendaftakan kembali karena berbagai sebab.

Sementara Kecamatan Purworejo, Bener dan Ngombol, anggota Panwaslucam lama tetap dipertahankan karena berdasarkan evaluasi yang dilakukan Bawaslu Purworejo mereka memenuhi syarat.

BACA JUGA:Grebeg Syawal Desa Sambeng Purworejo Mampu Kuatkan Kerukunan Warga

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Purworejo, Purnomosidi, Selasa (21/5).

"Di luar Kecamatan Kemiri, Purworejo, Ngombol dan Bener, peserta wawancaranya juga bervariasi. Karena masih ada sebagian anggota Panwascam yang memenuhi syarat untuk melanjutkan tugasnya di Pilbup Purworejo," kata Purnomosidi.

Disebutkan, untuk wilayah Kecamatan Kaligesing, Purwodadi, Bayan, Butuh, Pituruh dan Gebang hanya ada 1 anggota lama yang memenuhi syarat. Sementara Kecamatan bagelen, Banyuuip, Kutoarjo, Grabag, Bruno dan Loano memiliki 2 anggota yang memenuhi syarat.

"Mereka yang melakukan wawancara itu 2 kali dari kebutuhan. Misalnya Kaligesing yang hanya punya 1 anggota memenuhi syarat, berarti kan butuh 2 orang lagi. Kebutuhannya itu dikalikan 2 berarti yang ikut wawancara 4 orang," sebutnya.

Dari data yang ada tersebut, total anggota Panwaslucam di Purworejo yang dipertahankan ada 17 orang. Adapun peserta wawancara sebanyak 42 orang dan nanti akan dipilih menjadi Panwaslucam sebanyak 21 orang.

BACA JUGA:SDN 1 Tlahab Temanggung Jadi Sekolah Penggerak, Berikut Potensi yang Dimilikinya

"Mereka yang terpilih ini nanti akan diumumkan pada 23 Mei mendatang," ungkap Purnomo.

Proses wawancara  yang dilakukan Bawaslu Purworejo berlangsung di Hotel Sanjaya Inn Purworejo pada Senin (20/5) mendapat perhatian dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Purworejo disebut memiliki peserta wawancara relatif banyak.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Sosiawan yang melakukan supervisi wawancara calon anggota Bawaslu di Purworejo mengungkapkan beberapa daerah di Jawa Tengah yang melakukan wawancara dengan jumlah peserta banyak memang jadi sorotan Bawaslu Provinsi.

"Seperti di Purworejo ini, ada kecamatan yang calon anggotanya Panwascam itu baru semua. Ini menjadi tantangan bagi kita bersama," kata Sosiawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres