Hendi Ajak Pelaku UMKM Magelang Melek E-Katalog karena Punya Potensi yang Sangat Besar

Hendi Ajak Pelaku UMKM Magelang Melek E-Katalog karena Punya Potensi yang Sangat Besar

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi alias Hendi memberikan motivasi kepada pelaku UMKM Kota Magelang di Hotel Atria-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Pelaku UMKM di Kota Magelang diharapkan bisa memanfaatkan katalog elektronik (E-Katalog) agar mampu membuka peluang pasar dan konsumen yang lebih besar.

Hal itu disampaikan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi alias Hendi saat memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM di Hotel Atria Kota Magelang, Selasa 21 Mei 2024.

Hendi hadir secara langsung, sekaligus memberi semangat kepada para pengusaha yang hadir di acara sosialisasi "Produk Lokal Go Nasional Melalui Katalog Elektronik" tersebut.

Hadir juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Kukrit Suryo Wicaksono, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Setya Budi Arijanta, Aris Setiawan (KemenkopUKM), Asisten 2 Setda Kota Magelang Yonas Nusantrawan Bolla, dan ratusan peserta.

BACA JUGA:KPK Temukan Celah Korupsi Sistem e-Katalog

Mantan Walikota Semarang itu menceritakan kisah sukses seorang pengusaha asal Kudus yang memiliki banyak usaha di bawah Salim Group.

Kesuksesan pendiri Salim Group, katanya, bermula dari usaha kecil yang ditekuni dan dikerjakan dengan gigih.

"Salim kecil itu sering bolak-balik Kudus Semarang naik sepeda untuk berjualan apa saja yang bisa dijual. Dia bekerja dengan gigih hingga sekarang mewariskan banyak usaha di bawah perusahaan Salim Group," kata Hendi.

BACA JUGA:Pelatihan BPOB di Purworejo Pacu Semangat Pelaku Wisata dan UMKM Desa Penyangga

Dia juga mencontohkan pengusaha Basuki Surojo yang mendapat julukan sebagai penguasa katalog nasional. Omset usahanya bisa mencapai triliunan rupiah setiap tahun.

“Sama, Itu juga dimulai kecil. Tender lima jutaan diambil, tender alat tulis kantor. Sekarang dah sukses, omsetnya pada tahun 2023 lalu mencapai Rp1,3 triliun," imbuhnya.

Menurutnya, untuk menjadi pengusaha sukses selain kerja keras dan doa orang tua, juga harus bisa mendapatkan kepercayaan orang lain atau klien.

“Bangun kepercayaan ini penting agar usaha terus berkembang dan maju. Untuk menjaga trust itu, pertahankan bahkan tingkatkan kualitas dan harga bersaing," papar dia.

BACA JUGA:UMKM Binaan Sentra Kartini Terpadu Temanggung Gelar Bazar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres