MTCC Unimma Ajak Anak-Anak Gali Kreativitas di Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Melalui Lomba Poster

MTCC Unimma Ajak Anak-Anak Gali Kreativitas di Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Melalui Lomba Poster

LOMBA. Keseriusan anak-anak membuat poster dalam rangka HTTS yang diadakan MTCC Unimma-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MUNGKID, MAGELANGEKSPRES - Mencegah perokok pada anak-anak, dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), MTCC Unimma mengadakan kegiatan lomba membuat poster untuk anak-anak, Jumat (24/5) di Lapangan Soepardi Sawitan, Kabupaten Magelang.

Peserta kegiatan ini terdiri dari anak-anak keluarga petani tembakau di Kecamatan Borobudur, Kecamatan Sawangan, dan Kecamatan Kajoran yang berusia 12-14 tahun sebanyak 50 orang.

Ketua MTCC Unimma, Retno Rusdjijati mengatakan melalui kegiatan yang disukai anak-anak ini, dapat disisipkan kampanye untuk menghindari rokok, sehingga mereka akan tumbuh sehat, cerdas, dan berdaya saing tinggi untuk membangun bangsa dan negara.

BACA JUGA:Momen Artis Widi Mulia dan Jordi Onsu Terbangkan Lampion saat Puncak Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Menurut Retno tujuan diadakannya lomba tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada anak-anak tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Mendorong kreativitas anak-anak untuk menuangkan ide terkait dengan pengendalian tembakau dalam bentuk poster yang inspiratif.

"Mempublikasikan poster yang telah dibuat melalui media sosial untuk mendukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Mendukung implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Kawasan Tanpa Rokok," katanya.

Sihabudin, salah satu peserta dari Kecamatan Salaman mengaku membuat poster cara hidup sehat dengan memakan buah dan banyak olahraga.

"Dalam rangka hari tanpa tembakau kami mengajak agar membudayakan konsumsi makanan sehat dan hindari rokok," ujarnya yang kini duduk di bangku kelas 8 SMPN 1 Salaman tersebut.

Sementara peserta dari Sawangan Septian Ahmad Rifai yang duduk di bangku kelas 7 SMPN 2 Sawangan, sebagai anak petani jika rokok itu dari tembakau. Jika mengonsumsi banyak rokok maka akan merusak paru-paru.

BACA JUGA:Arak-Arakan Waisak Kirab Disambut Antusias Warga Sepanjang Jalan Candi Mendut-Candi Borobudur

"Saya membuat poster akibat kerusakan paru-paru akibat konsumsi rokok," imbuhnya.

Sementara Resti Riana Sabila Wilandari, Siswi SMPN 1 Salaman kelas 7 ini mengambar tentang kematian seseorang akibat rokok dan ada sosok buah-buahan yang menangis.

"Buah ini menangis karena menyayangkan karena hidupnya tidak mengonsumsi makanan sehat seperti buah," paparnya.

HTTS diperingati setiap tanggal 31 Mei 2024. HTTS diperingati MTCC Unimma dengan Temu Petani dan Gerakan Bersih Pungut Puntung Rokok serta penempelan stiker Stop Rokok di area wisata Kedung Kayang, Sawangan Magelang, Kamis (23/5) lalu. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres