SMPN 2 Magelang Kenalkan Sekolah Sehat di Festival Merdeka Belajar

SMPN 2 Magelang Kenalkan Sekolah Sehat di Festival Merdeka Belajar

FESTIVAL. Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Magelang, Fatin Mahdalina saat mengunjungi stand pameran Merdeka Belajar di Taman Aksobya Borobudur.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

BOROBUDURMAGELANGEKSPRES - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah menyelenggarakan acara Festival Merdeka Belajar, Jumat (24/5) di Taman Aksobya Borobudur.

Acara tersebut diikuti oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa instansi juga turut memeriahkan festival tersebut, antara lain, Untidar, UNNES, Polines, Balai Bahasa, LLDIKTI, BBGP, serta Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Kota dan Kabupaten Magelang.

BACA JUGA:Program Sister School, SMPN 2 Magelang Terima Kunjungan SMPN 7 Probolinggo

Festival Merdeka Belajar yang berlangsung sejak tanggal 24-26 Mei ini dilaksanakan untuk memperingati hari Pendidikan Nasional 2024.

“Hari Pendidikan Nasional ini merupakan momen yang sangat penting untuk menghargai peran Pendidikan dalam membangun bangsa merefleksikan pencapaian, mengevaluasi tantangan dan merumuskan langkah-langkah strategis menuju Pendidikan yang lebih baik bagi anak bangsa," ujar Anang Ristanto saat pembukaan Festival Merdeka belajar yang kemudian dilanjutkan dengan acara kirab budaya.

Dalam rangka mewujudkan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, diperlukan adanya upaya peningkatan kesehatan sekolah dan kesehatan peserta didik secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak melalui Gerakan Sekolah Sehat.

Kemendikbud Ristek telah menetapkan Program Kampanye Sekolah Sehat dengan berfokus pada peningkatan kesehatan peserta didik melalui 5 sehat, yaitu Sehat Fisik, Sehat Gizi, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

SMPN 2 Magelang adalah salah satu sekolah di Kota Magelang yang ditunjuk menjadi sekolah dengan Program Kampanye Sekolah sehat.

BACA JUGA:Siswa SMPN 2 Magelang Simulasi Sidang di Gedung DPRD Kota Magelang

Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi SMPN 2 Magelang atas kepercayaan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Fatin Mahdalina, Kepala SMPN 2 Magelang saat ditemui di lokasi festival, Sabtu (25/5) di lokasi pameran.

Selain SMPN 2 Magelang, sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah dengan Program Kampanye Sekolah sehat adalah TK Pertiwi Kota Magelang dan SDN Tidar 1 Kota Magelang.

Dengan semangat dan antusias tinggi guru-guru yang dibantu oleh beberapa staf tenaga kependidikan SMPN 2 Magelang berperan aktif mengikuti acara tersebut.

Hal tersebut senada dengan tema festival yang diusung tahun ini adalah “Bergerak Bersama Melanjutkan Merdeka Belajar” dan sekaligus mencanangkan bulan Mei ini sebagai bulan Merdeka Belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres