Raya Pelajar Temanggung Kembali Raih Juara Matematika Internasional di Australia dan Vietnam

Raya Pelajar Temanggung Kembali Raih Juara Matematika Internasional di Australia dan Vietnam

FOTO BERSAMA. Anantacetta Reugra Abiraya siswa SD Al Kautsar peraih juara matematika internasional bersama Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo. -Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Nama Anantacetta Reugra Abiraya pelajar SD Al Kautsar Temanggung Kembali berkibar di tingkat internasional.

Sebelumnya siswa yang akrab disapa Raya ini mendapatkan 3nd prize award (bronze medal) dalam Final Round Mathematical olympiad 2023-2024 in Macau pada 14-19 Maret 2024.

Kali ini dalam waktu berdekatan Raya meraih perunggu pada kompetisi Imec and JEO Olympiad di Amity College Prestons Campus Sydney Australia dan ajang International Round di Royal Lotus Hotel Da Nang Vietnam.

BACA JUGA:Siswa SD Al Kautsar Temanggung Juarai Mathematical Olympiad di Macau

"Kalau yang di Sydney Australia dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 23 April 2024 diikuti 18 negara Asia dan Eropa. Kemudian di Vietnam pada tanggal 27 sampai 30 April 2024. Alhamdulillah, anak kami dapat brons medal. Di Australi itu pakai metode Cambridge. Kalau yang di Vietnam itu pesertanya ada 5.600 anak," kata Ajeng Primiana ibu dari Raya, ditemui usai bertemu Pj Bupati Hary Agung Prabowo di Ruang Kerja Pendopo Jenar, Rabu 29 Mei 2024.

Raya mengatakan, senang bisa mempersembahkan medali untuk negaranya Indonesia, khususnya Kabupaten Temanggung.

Kompetitor paling kuat saat mengikuti olimpiade adalah peserta dari Jepang dan China, yang Tangguh dan tekun.

Apa yang diraihnya juga tidak semudah membalik telapak tangan, sebab soal yang dikerjakan meski ia masih kelas 3 SD namun soalnya berbobot setara untuk siswa kelas 1 SMP.

Saat kompetisi tersebut soal menggunakan pengantar Bahasa Inggris, Mandarin, dan Rusia. Tak puas sampai di situ kini dia tengah mengikuti seleksi Phillipine Mathematics Olympiad, dan Singapore and Asian School Math Olympiad.

BACA JUGA:Kepala BNNK Temanggung: Masyarakat Desa Juga Menjadi Sasaran Pengedar Narkoba

"Dari segi kompetisi lebih berat di Vietnam karena pakai coding soalnya, triknya kemarin pas mengerjakan soal saya pakai bayangan buat menghitung. Sampai sekarang saya sudah punya 40-an medali. Kemarin di Vietnam juga senang karena saya punya teman dari sana Namanya Nguyen, kita ngobrol pakai Bahasa Inggris," kata Raya yang bercita-cita kelak masuk Akademi Kepolisian ini.

Pj Bupati Hary Agung Prabowo sangat mengapresiasi prestasi Raya, yang telah malang melintang menorehkan prestasi mulai tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

Keberhasilan ini diharapkan akan menjadi stimulus bagi pelajar lain di Temanggung agar juga berprestasi.

"Raya ini akan kelas III SD Al Kautsar sudah menjuarai olimpiade-olimpiade, mulai dari China, Vietnam, Singapura, sampai Sydney Australia. Tentu luar biasa bagi Kabupaten Temanggung ini, ada anak yang super pintar, ini yang membangkitkan motivasi bagi anak-anak di Kabupaten Temanggung sebagai contoh supaya bisa ditiru atau sebagai stimulus menuju prestasi. Sebenarnya anak-anak Temanggung punya potensi tinggal bagaimana mendidiknya, guru punya inovasi. Saya mengimbau Dinas Pendidikan, para guru se Kabupaten Temanggung untuk mengembangkan anaknya agar kreatif, berinovasi, tidak hanya bidang Pendidikan tapi lainnya juga misal seni budaya, olahraga, dan lain-lain," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres